Show simple item record

dc.contributor.authorMUFTY EL MAHIE
dc.date.accessioned2013-12-27T02:21:23Z
dc.date.available2013-12-27T02:21:23Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13191
dc.description.abstractPembiayaan konsumen di zaman sekarang ini bukan lagi menjadi hal asing bagi masyarakat. Ditambah lagi banyak perusahaan yang menawarkan keunggulan produknya menyebabkan persaingan dalam bisnis pembiayaan konsumen menjadi semakin ketat dan kompetitif. Salah satu sumber daya yang paling menentukan sukses tidaknya suatu perusahaan adalah sumber daya manusia dimana ketidakselarasan kebutuhan sumber daya manusia (karyawan) dengan kebutuhan perusahaan akan menimbulkan stres. Stres dapat membantu maupun mengganggu kinerja seseorang, tergantung pada kadarnya dan kondisi karyawan. Secara umum penelitian ini lebih menekankan dan memfokuskan pada pengaruh stresor kerja yang terdiri dari beberapa faktor lingkungan (X1), faktor organisasional (X2) dan faktor individu (X3) terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stresor kerja yang terdiri dari faktor lingkungan, faktor organisasional, dan faktor individu terhadap kepuasan kerja karyawan sehingga dapat mengetahui pengaruhnya terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis) untuk menganalisis pola hubungan antar variabel dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung seperangkat variabel bebas (eksogen) terhadap variabel terikat (endogen). Proses pengambilan dan pengolahan data menggunakan program AMOS versi 5.0 memberikan hasil model Structural Equation Modelling (SEM). Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan beberapa hal yaitu, stresor kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh stresor kerja yang terdiri dari faktor lingkungan, faktor organisasional, dan faktor individu terhadap kepuasan kerja karyawan PT Federal International Finance Cabang Jember terbukti kebenarannya atau H1 diterima. Jadi, jika stresor kerja semakin baik atau meningkat, maka akan meningkatkan kepuasan kerja. Hasil analisis juga menunjukkan stresor kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh stresor kerja yang terdiri dari ketiga faktor tersebut terhadap kinerja karyawan karyawan PT Federal International Finance Cabang Jember terbukti kebenarannya atau H2 diterima. Hal ini berarti jika stresor kerja semakin baik atau meningkat, maka akan meningkatkan kinerja karyawan. Hasil analisis juga menunjukkan kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan karyawan PT Federal International Finance Cabang Jember terbukti kebenarannya atau H3 diterima. Hal ini berarti jika kepuasan kerja semakin baik atau meningkat, maka akan meningkatkan kinerja karyawan. Hasil analisis juga menunjukkan stresor kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh stresor kerja yang terdiri dari ketiga faktor tersebut terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan PT Federal International Finance Cabang Jember terbukti kebenarannya atau H4 diterima. Jadi, jika stresor kerja semakin baik atau meningkat, maka akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan sehingga dengan meningkatnya kepuasan kerja karyawan juga akan meningkatkan kinerja karyawan tersebut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectStresor kerja, Kepuasan kerja dan Kinerja karyawanen_US
dc.titlePENGARUH STRESOR KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN PT FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE CABANG JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record