Show simple item record

dc.contributor.authorNgalim Kuatno
dc.date.accessioned2013-12-27T02:18:54Z
dc.date.available2013-12-27T02:18:54Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210181005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13185
dc.description.abstractHasil dari penelitian yang dilakukan adalah materi geometri yang disajikan dalam BSE SMP pada kelas VII adalah garis dan sudut serta segiempat dan segitiga, materi pada kelas VIII adalah Teorema Pythagoras dan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas), materi pada kelas IX adalah kesebangunan dan kekongruenan serta bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola). Tingkatan berpikir van Hiele pada materi geometri BSE SMP pada tingkat visualisasi, analisis, dan deduksi informal secara berturut-turut untuk kelas VII sebesar 35, 72 %; 36, 81 % dan 27, 47 %, untuk kelas VIII sebesar 33,78 %; 57,43 %; dan 8, 79 %, sedangkan untuk kelas IX berturut-turut 18, 28 %; 37, 63 % dan 48, 09 %. Terdapat kesalahan konsep pada materi geometri dalam BSE SMP pada kelas VII yang disusun oleh A. Wagiyo dkk. tentang hubungan antar bangun, kesalahan pertama yaitu {jajargenjang} {trapesium}. Penarikan kesimpulan kurang tepat karena berawal dari definisi awal yaitu pada pernyataan trapesium merupakan segiempat yang memiliki sepasang sisi berhadapan yang sejajar. Seharusnya trapesium merupakan segiempat yang memiliki tepat sepasang (hanya satu tidak lebih) sisi yang sejajar. Kesalahan kedua yaitu {belah ketupat} {layang-layang}. Kesalahan terjadi pada pernyataan belah ketupat merupakan bentuk layang-layang yang istimewa. Layang-layang mempunyai dua pasang sisi yang tidak sama panjang. Sedangkan belah ketupat keempat sisinya sama panjangen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210181005;
dc.subjectBuku Sekolah Elektronik (BSE), Geometri, Teori van Hieleen_US
dc.titleANALISIS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) SMP PADA MATERI GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELEen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record