• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika menggunakan Model Problem-Based Instruction disertai animasi macromedia flash pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 9 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Wiwit Ari Transulriniasi - 080210192038_1.pdf (1.209Mb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Wiwit Ari Transulriniasi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika adalah bidang ilmu yang banyak membahas tentang alam dan gejalanya, dari yang bersifat terlihat secara nyata hingga yang bersifat abstrak atau bahkan hanya berbentuk teori yang pembahasannya melibatkan kemampuan imaginasi atau keterlibatan gambaran mental seseorang yang kuat (Sutarto dan Indrawati, 2010:1). Data hasil observasi awal pada proses pembelajaran fisika di SMP Negeri 9 Jember diperoleh hasil bahwa skor rata-rata masih rendah yaitu 63 dan 20 siswa yang tuntas. Rendahnya aktivitas belajar fisika siswa di kelas ditunjukkan oleh; (1) ketika guru memberikan kesempatan bertanya atau mengajukan pertanyaan, siswa yang menjawab atau mengajukan pertanyaan pada guru sebanyak dengan baik 13 sedangkan yang masih belum benar 5 siswa, (2) ketika guru menerangkan, siswa yang mencatat dengan baik sebanyak 5 siswa sedangkan yang asal-asalan dalam mencatat sebanyak 37 siswa, (3) ketika guru memberikan kesempatan mengerjakan soal di depan, siswa yang mengerjakan soal di depan kelas dengan benar 13 siswa sedangkan yang masih salah sebanyak 4 siswa, (4) ketika guru memberikan tugas, siswa yang mengerjakan tugas dengan baik dan benar 6 siswa sedangkan siswa yang mengerjakan tugas namun belum baik dan benar 36 siswa. Berdasarkan permasalahan di atas, maka akan dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yang sudah ditetapkan yaitu siswa kelas VII-A SMP Negeri 9 Jember dan dilaksanakan pada tanggal 06 Desember sampai 08 Desember 2012. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siklus Hopkins. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Data yang didapatkan adalah hasil belajar fisika siswa dari siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Hasil analisis data dan observasi siklus 1 hingga siklus 3 menunjukkan bahwa penerapan Model Problem-Based Instruction disertai animasi macromedia flash telah berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa di kelas VII-A SMP Negeri 9 Jember. Untuk aktivitas bertanya ataupun menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal di depan sebelum diberikan tindakan masuk dalam kriteria kurang dan setelah dilakukan tindakan masuk dalam kriteria sedang. Kemudian pada aktivitas mencatat dan mengerjakan tugas sebelum dilakukan tindakan masuk dalam kriteria sedang setelah dilakukan tindakan masuk dalam kriteria baik. Peningkatan hasil belajar terjadi setelah dilakukannya tindakan pada siklus I yaitu sebesar 0,39 dengan kategori sedang. Kemudian setelah dilakukan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dari setelah dilakukannya refleksi pada siklus sebelumnya yaitu sebesar 0,33 dan setelah dilakukan siklus III terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 0,31. Presentase ketuntasan hasil belajar fisika juga meningkat seiring meningkatnya aktivitas belajar fisika siswa. Presentase ketuntasan hasil belajar fisika meningkat dari 61,90% pada siklus 1 menjadi 76,19% pada siklus 2 dan 80,95% pada siklus 3. Pada siklus 1 kelas belum dikatakan tuntas kemudian pada siklus 2 dan siklus 3 kelas sudah dapat dikatakan tuntas karena telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal di SMP Negeri 9 Jember yaitu jumlah siswa yang tuntas secara klasikal ≥ 70%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 yang berarti penerapan model Problem-Based Instruction disertai animasi macromedia flash dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih memahami konsep dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13175
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository