Show simple item record

dc.contributor.authorAthar Zaif Zairozie
dc.date.accessioned2013-12-27T02:10:07Z
dc.date.available2013-12-27T02:10:07Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210101021
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13161
dc.description.abstractBerdasarkan observasi dan wawancara dengan guru bidang studi matematika kelas IX I SMP Negeri 1 Jember yang dilaksanakan tanggal 1 November 2012 menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami soal-soal pemecahan masalah dalam bentuk cerita. Hal ini terlihat dari beberapa hasil ulangan mereka khususnya soal-soal pemecahan masalah dalam bentuk cerita dan hasil ulangan tengah semester. Selama ini guru lebih sering menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. George Polya Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diadakan penelitian dengan judul “Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya Untuk Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah Kelas IX I SMP Negeri 1 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013” dengan rumusan permasalahan sebagai berikut: viii pembelajaran pemecahan masalah model Polya untuk menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX I SMP Negeri 1 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Pada penelitian ini menggunakan 5 macam strategi yang berbeda pada setiap pertemuan, yaitu pada siklus I pembelajaran pertama menggunakan strategi menggunakan rumus, pertemuan kedua menggunakan strategi membuat model matematika dan variable, pada siklus II pembelajaran pertama menggunakan strategi penalaran langsung dan tidak langsung, pada pembelajaran kedua menggunakan strategi menggabar diagram. Dari hasil pembelajaran diketahui pada siklus I, tahap merencanakan dan memeriksa kembali pada polya memiliki persentase ketuntasan yang rendah namun pada siklus II sudah meningkat untuk tahap merencanakan. Tetapi untuk tahap mengecek kembali belum mengalami peningkatan yang berarti. Dari hasil wawancara terhadap 3 siswa yang belum tuntas pada siklus II, mereka masih belum terbiasa dalam membuat rencana dan masih mengalami kebingungan pada tahap memeriksa kembali. Karena keterbatasan waktu dan izin penelitian, untuk tahap memeriksa kembali belum bisa dicari solusi yang lebih baik agar mengalami peningkatan. Penerapan pembelajaran model Polya untuk menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah kelas IX I SMP Negeri 1 Jember terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk aktivitas belajar siswa cenderung mengalami peningkatan dan guru merasa terbantu dengan pemecahan masalah Model Polya, karena dapat membantu siswa dalam mengerjakan suatu permasalahan khususnya soal cerita.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101021;
dc.subjectPembelajaran Pemecahan Masalah Model Polyaen_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya Untuk Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah Kelas IX I SMP Negeri 1 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record