Show simple item record

dc.contributor.authorArynda Pramita Sari
dc.date.accessioned2013-12-27T02:06:52Z
dc.date.available2013-12-27T02:06:52Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210191011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13153
dc.description.abstractPada umumnya pembelajaran matematika di sekolah masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika di SMP Negeri 1 Rambipuji diperoleh informasi bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Salah satu bentuk proses pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan minat, motivasi belajar, serta dapat meningkatkan keaktifan siswa adalah pembelajaran penemuan terbimbing. Metode penemuan terbimbing adalah metode mengajar dimana siswa menemukan sendiri baik konsep, aturan, teorema, rumus, pola, dan sebagainya. Dalam hal ini peran guru adalah membimbing dan mengarahkan siswa bukan memberitahu. Langkah-langkah metode penemuan terdiri dari enam fase antara lain: fase perumusan masalah, fase analisa data, fase penyusunan konjektur, fase evaluasi, fase penarikan kesimpulan, dan fase aplikasi. Selain itu kontekstual juga dapat diterapkan dalam pembelajaran metode penemuan terbimbing, karena dalam kontekstual guru dapat mengaitkan isi materi pelajaran dengan keadaan dunia nyata. Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual memiliki tujuh komponen utama, yaitu: konstrukstivisme (constructivism), menemukan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (Modelling), refleksi (reflection), dan penilaian yang sebenarnya (autenthic assessment). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual, aktivitas siswa dan ketuntasan serta peningkatan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Rambipuji semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. viii Pengambilan data dimulai pada tanggal 20 Oktober 2012 sampai dengan 7 November 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model skema yang digunakan adalah model skema penelitian tindakan Hopkins dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Berdasarkan model skema penelitian tindakan Hopkins maka dikembangkan desain penelitian menggunakan prosedur kerja dari tindakan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada setiap akhir siklus diberikan tes akhir untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi yang telah dipelajari. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisa data merupakan cara yang paling menentukan untuk menyusun dan mengolah data yang terkumpul, sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hasil penelitian dengan menggunakan pembelajaran metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual pada materi aritmatika sosial kelas VII F SMP Negeri 1 Rambipuji semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 berjalan dengan lancar dan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru yang meningkat dari pembelajaran pertama sampai pembelajaran ke empat. Selain itu, hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai akhir siswa pada siklus I diperoleh 74,49 meningkat menjadi 81,24 pada siklus II. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa menunjukkan bahwa siswa menyukai pembelajaran yang diterapkan, yaitu pembelajaran metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa pembelajaran metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa pada tiap siklusnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191011;
dc.subjectMetode Penemuan Terbimbingen_US
dc.title“Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dengan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII F Semester Ganjil SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Ajaran 2012/2013”en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record