Show simple item record

dc.contributor.authorFAJAR ASMORO
dc.date.accessioned2013-12-27T01:37:39Z
dc.date.available2013-12-27T01:37:39Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM070210101099
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13077
dc.description.abstractHasil penelitian memperlihatkan tahapan dalam pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Problem Based Instruction (PBI) dapat berjalan dengan lancar yang terlihat di langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan oleh guru (peneliti). Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan oleh guru (peneliti) dalam PBI pada kedua siklus yaitu memunculkan masalah dalam konteks nyata, mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, membimbing kelompok dalam penyelidikan, bekerja, dan belajar, serta membantu siswa mempersiapkan hasil karya mendapatkan penilaian yang maksimal atau sangat baik dari guru bidang studi matematika. Tetapi ada satu tahapan yang dinilai kurang maksimal dari guru bidang studi matematika yaitu tahapan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Persentase aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Problem Based Instruction (PBI) pada siklus I sebesar 85,00%, sedangkan pada siklus II sebesar 90,00%. Tetapi para siswa ada yang kurang teliti dalam mengerjakan LKS yang tampak pada tahap eksperimen untuk membuktikan hipotesis. Selain itu, siswa juga merasa agak malu dan belum terbiasa dalam penyajian hasil karya dengan presentasi di depan kelas. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan yaitu sebesar 69,21% ke 73,43% dengan kategori aktif. Persentase klasikal ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 61,11% dan pada siklus II sebesar 89,19%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Problem Based Instruction (PBI) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jajar genjang dan belah ketupat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101099;
dc.subjectProblem Based Instruction (PBI), Jajar Genjang dan Belah Ketupaten_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JAJAR GENJANG DAN BELAH KETUPAT KELAS VIIA SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 PANTI TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record