Analisis Manajemen Keuangan di TK PGRI 01 Sepanjang Banyuwangi
Abstract
Manajemen keuangan sekolah merupakan keahlian suatu lembaga sekolah
dalam merancang kegiatan secara sistematis mulai dari perencanaan hingga
pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan agar efektif dan efisien. Salah satu
lembaga yang melaksanakan manajemen keuangan adalah TK PGRI 01 Sepanjang
yang berada di Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa
Timur. Pada manajemen keuangan sekolah yang berada di lembaga tersebut telah
menggunakan langkah-langkah yang sudah lengkap yakni perencanaan,
pelaksanaan, pembukuan, serta pelaporan dan pertanggungjawaban. Rumusuan
masalah pada penelitian ini yaitu “Bagaimana manajemen keuangan di TK PGRI
01 Sepanjang Banyuwangi?”
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif
kualitatif. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan yaitu wawancara,
observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama satu
bulan di TK PGRI 01 Sepanjang. Sumber data berasal dari kepala sekolah, guru,
ketua komite sekolah, serta bendahara sebagai informan kunci dan literatur yang
relevan sebagai informasi pendukung. Teknik analisis yang digunakan yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan
menggunakan triangulasi data.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di TK PGRI 01 Sepanjang
mengenai manajemen keuangan telah melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan,
pembukuan, serta pelaporan dan pertanggungjawaban. Pengelolaan dana dilakukan
melalui proses rapat yang melibatkan kepala sekolah, guru, bendahara, ketua
komite sekolah, serta walimurid dan dilakukan dengan penyesuaian regulasi.
Sumber dana utama berasal dari BOP dan iuran walimurid, yang dipilih
berdasarkan skala prioritas, terutama yaitu untuk kebutuhan peserta didik.