| dc.contributor.author | FADAH, Hanim Isti | |
| dc.date.accessioned | 2025-11-06T07:20:58Z | |
| dc.date.available | 2025-11-06T07:20:58Z | |
| dc.date.issued | 2025-03-21 | |
| dc.identifier.nim | 210210102035 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128554 | |
| dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 6 November 2025_Kurnadi | en_US |
| dc.description.abstract | Pembelajaran fisika adalah pembelajaran yang membahas terkait fenomena
yang ada di alam semesta dengan diperkuat fakta-fakta yang berisikan suatu
konteks pembelajaran. LKPD adalah alat pembelajaran yang mempercepat
penyampaian dan merupakan cara lain bagi guru untuk memusatkan pembelajaran
atau memberi tahu siswa tentang aktivitas saat pembelajaran. Asesmen quiz
wordwall merupakan salah satu asesmen penilaian yang di dalamnya terdapat
beberapa template yang dapat digunakan sebagai asesmen bagi guru saat proses
pembelajaran dan efektif untuk siswa serta dapat meningkatkan aktivitas serta hasil
belajar siswa. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran fisika
karena selama proses pembelajaran tidak melibatkan teknologi di mana lebih
berpusat pada siswa. Salah satu alternatif solusi yang tepat adalah dengan penerapan
LKPD berbatuan asesmen quiz wordwall yang diharapkan dapat memberikan
kesempatan bagi siswa untuk belajar lebih aktif dan interaktif, serta meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan
uraian tersebut maka tujuan penelitian ini adalah; (1) mendeskripsikan peningkatan
aktivitas belajar siswa dengan penerapan LKPD berbantuan asesmen quiz wordwall
pokok bahasan pemanasan global, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar
siswa setelah menggunakan penerapan LKPD berbantuan asesmen quiz wordwall
pokok bahasan pemanasan global.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(classroom action research). Dengan mengacu pada model menurut Kemmis dan
Mc Taggart. Metode dalam penelitian ini adalah angket, tes, wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dimulai dari tanggal 9 Januari 2025
hingga 17 Januari 2025. Subyek penelitian yang digunakan adalah kelas X-1 dengan jumlah 36 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan bantuan Microsoft Excel
untuk mengetahui aktivitas serta hasil belajar siswa dan digunakan juga uji N-gain.
Data aktivitas belajar siswa pada siklus I sudah meningkat di kelas yaitu 5
siswa mendapat kriteria sangat baik, 23 siswa mendapat kriteria baik, dan 8 siswa
dengan kriteria cukup baik. Pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu 13
orang mendapat kriteria sangat baik, 19 siswa dengan kriteria baik, dan 3 orang
siswa dengan kriteria cukup baik. Maka dari hasil tersebut untuk aktivitas belajar
siswa sudah mengalami peningkatan di kelas.
Data hasil belajar siswa pada prasiklus mendapatkan hasil yang kurang baik
sehingga di adakanlah siklus I dan mendapatkan hasil yaitu 17 siswa dengan kriteria
sangat baik, 4 siswa dengan kriteria baik, 6 siswa dengan kriteria cukup baik, 8
siswa dengan kriteria kurang, dan 1 siswa dengan kriteria sangat kurang. Dengan
hasil siklus I yang masih kurang baik diadakan perbaikan lagi yaitu pada siklus II
dengan hasil 34 siswa mendapatkan kriteria sangat baik, 2 siswa dengan kriteria
kurang maka dapat disimpulkan dari hasil tersebut bahwa pada siklus II sudah
mengalami peningkatan hasil belajar di kelas dan tidak dilanjutkan pada siklus
selanjutnya. Alasan utama bahwa penerapan LKPD berbantuan asesmen quiz
wordwall dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa secara signifikan
yaitu pada tiap siklus peneliti berusaha mengatur siswa, membimbing siswa selama
proses pembelajaran, sehingga siswa lebih aktif dan semangat dalam mengikuti
pembelajaran.
Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran
dengan penerapan LKPD berbantuan asesmen quiz wordwall dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa pada materi pemanasan global; (2) hasil belajar siswa
mengalami peningkatan di kelas dengan penerapan LKPD berbantuan asesmen quiz
wordwall pokok bahasan pemanasan global di SMA Negeri 5 Jember. | en_US |
| dc.description.sponsorship | DPU: Ike Lusi Meilina, S.Pd., M.Pd
DPA: Drs. Bambang Supriadi, M.Sc., M.C.E | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan | en_US |
| dc.subject | Aktivitas Belajar | en_US |
| dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
| dc.subject | Quiz Wordwall | en_US |
| dc.title | Penerapan LKPD Berbantuan Asesmen Quiz Wordwall Pokok Bahasan Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | PENDIDIKAN FISIKA | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Ike Lusi Meilina, S.Pd., M.Pd | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Bambang Supriadi, M.Sc., M.C.E | en_US |
| dc.identifier.validator | Hasyim | en_US |