• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan LKPD Berbantuan Asesmen Quiz Wordwall Pokok Bahasan Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X

    Thumbnail
    View/Open
    HANIM ISTI FADAH_210210102035_REPOSITORY UNEJ.pdf (1.036Mb)
    Date
    2025-03-21
    Author
    FADAH, Hanim Isti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika adalah pembelajaran yang membahas terkait fenomena yang ada di alam semesta dengan diperkuat fakta-fakta yang berisikan suatu konteks pembelajaran. LKPD adalah alat pembelajaran yang mempercepat penyampaian dan merupakan cara lain bagi guru untuk memusatkan pembelajaran atau memberi tahu siswa tentang aktivitas saat pembelajaran. Asesmen quiz wordwall merupakan salah satu asesmen penilaian yang di dalamnya terdapat beberapa template yang dapat digunakan sebagai asesmen bagi guru saat proses pembelajaran dan efektif untuk siswa serta dapat meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran fisika karena selama proses pembelajaran tidak melibatkan teknologi di mana lebih berpusat pada siswa. Salah satu alternatif solusi yang tepat adalah dengan penerapan LKPD berbatuan asesmen quiz wordwall yang diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar lebih aktif dan interaktif, serta meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan uraian tersebut maka tujuan penelitian ini adalah; (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan LKPD berbantuan asesmen quiz wordwall pokok bahasan pemanasan global, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan penerapan LKPD berbantuan asesmen quiz wordwall pokok bahasan pemanasan global. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Dengan mengacu pada model menurut Kemmis dan Mc Taggart. Metode dalam penelitian ini adalah angket, tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dimulai dari tanggal 9 Januari 2025 hingga 17 Januari 2025. Subyek penelitian yang digunakan adalah kelas X-1 dengan jumlah 36 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan bantuan Microsoft Excel untuk mengetahui aktivitas serta hasil belajar siswa dan digunakan juga uji N-gain. Data aktivitas belajar siswa pada siklus I sudah meningkat di kelas yaitu 5 siswa mendapat kriteria sangat baik, 23 siswa mendapat kriteria baik, dan 8 siswa dengan kriteria cukup baik. Pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu 13 orang mendapat kriteria sangat baik, 19 siswa dengan kriteria baik, dan 3 orang siswa dengan kriteria cukup baik. Maka dari hasil tersebut untuk aktivitas belajar siswa sudah mengalami peningkatan di kelas. Data hasil belajar siswa pada prasiklus mendapatkan hasil yang kurang baik sehingga di adakanlah siklus I dan mendapatkan hasil yaitu 17 siswa dengan kriteria sangat baik, 4 siswa dengan kriteria baik, 6 siswa dengan kriteria cukup baik, 8 siswa dengan kriteria kurang, dan 1 siswa dengan kriteria sangat kurang. Dengan hasil siklus I yang masih kurang baik diadakan perbaikan lagi yaitu pada siklus II dengan hasil 34 siswa mendapatkan kriteria sangat baik, 2 siswa dengan kriteria kurang maka dapat disimpulkan dari hasil tersebut bahwa pada siklus II sudah mengalami peningkatan hasil belajar di kelas dan tidak dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Alasan utama bahwa penerapan LKPD berbantuan asesmen quiz wordwall dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa secara signifikan yaitu pada tiap siklus peneliti berusaha mengatur siswa, membimbing siswa selama proses pembelajaran, sehingga siswa lebih aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan penerapan LKPD berbantuan asesmen quiz wordwall dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pemanasan global; (2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan di kelas dengan penerapan LKPD berbantuan asesmen quiz wordwall pokok bahasan pemanasan global di SMA Negeri 5 Jember.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128554
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15734]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository