Show simple item record

dc.contributor.authorAMALIA, Dinda Rizky
dc.date.accessioned2025-11-06T06:54:13Z
dc.date.available2025-11-06T06:54:13Z
dc.date.issued2025-03-21
dc.identifier.nim210210103103en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128549
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 6 November 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi materi sistem pencernaan kelas XI SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan media bio-monopoli terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi materi sistem pencernaan kelas XI SMA. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 171 anak peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah 66 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rerata posttest kelas eksperimen sebesar 82,64±9,672 dan kelas kontrol 70,67±15,960. Hasil ANCOVA menunjukkan bahwa nilai sig yang didapatkan sebesar 0,000 nilai (0,000<0,05). Hal ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri dengan media bio-monopoli terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar aspek kognitif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rerata sikap kelas ekperimen sebesar 75,03±15,433 dan kelas kontrol 70,76±12,579. Hasil uji ANCOVA menunjukkan bahwa nilai sig yang didapatkan sebesar 0,238 nilai (0,238>0,05). Hal ini menujukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri dengan media bio-monopoli terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar aspek afektif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rerata keterampilan kelas ekperimen sebesar 76,85±12,761 dan kelas kontrol 72,22±16,054. Hasil uji ANCOVA menunjukkan bahwa nilai sig yang didapatkan sebesar 0,095 nilai (0,095>0,05). Hal ini menujukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri dengan media biomonopoli terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar aspek psikomotorik.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Bea Hana Siswati, S.Pd., M.Pd. DPA: Aditya Kurniawan, S.Si., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Inkuirien_US
dc.subjectBerpikir Kritisen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectMedia Bio Monopolien_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Bio Monopoli pada Materi Sistem Pencernaan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiProgram Studi Pendidikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Bea Hana Siswati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aditya Kurniawan, S.Si., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record