• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Bio Monopoli pada Materi Sistem Pencernaan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Dinda Rizky Amalia_210210103103_File Repository .pdf (6.217Mb)
    Date
    2025-03-21
    Author
    AMALIA, Dinda Rizky
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi materi sistem pencernaan kelas XI SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan media bio-monopoli terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi materi sistem pencernaan kelas XI SMA. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 171 anak peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah 66 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rerata posttest kelas eksperimen sebesar 82,64±9,672 dan kelas kontrol 70,67±15,960. Hasil ANCOVA menunjukkan bahwa nilai sig yang didapatkan sebesar 0,000 nilai (0,000<0,05). Hal ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri dengan media bio-monopoli terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar aspek kognitif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rerata sikap kelas ekperimen sebesar 75,03±15,433 dan kelas kontrol 70,76±12,579. Hasil uji ANCOVA menunjukkan bahwa nilai sig yang didapatkan sebesar 0,238 nilai (0,238>0,05). Hal ini menujukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri dengan media bio-monopoli terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar aspek afektif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rerata keterampilan kelas ekperimen sebesar 76,85±12,761 dan kelas kontrol 72,22±16,054. Hasil uji ANCOVA menunjukkan bahwa nilai sig yang didapatkan sebesar 0,095 nilai (0,095>0,05). Hal ini menujukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri dengan media biomonopoli terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar aspek psikomotorik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128549
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15734]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository