• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan LKPD Collaborative Berbasis Pembuatan Genteng Terhadap Critical Thinking Siswa SMP pada Pembelajaran IPA

    Thumbnail
    View/Open
    Nadinda Jelita Salsabilah_210210104030 (3.966Mb)
    Date
    2025-03-18
    Author
    SALSABILAH, Nadinda Jelita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini berkembang dengan cepat, memicu persaingan di berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam hal sumber daya manusia. Setiap individu diharapkan memiliki kesiapan untuk menghadapi perkembangan IPTEK, salah satunya melalui penguasaan kemampuan critical thinking. Kemampuan ini merupakan proses sistematis yang melibatkan aktivitas seperti menyampaikan asumsi, menyusun argumen, hingga melakukan identifikasi. Critical thinking menjadi kompetensi yang sangat penting bagi siswa, terutama dalam pembelajaran IPA. Saat ini terdapat banyak miskonsepsi terkait pembelajaran IPA, di mana siswa cenderung masih menggunakan metode konvensional seperti menghafal. Padahal pada kenyataannya pembelajaran IPA tidak hanya mengandalkan hafalan, tetapi juga memerlukan pemahaman mendalam terhadap konsep-konsep materi yang dipelajari. Hingga saat ini, kemampuan critical thinking siswa masih tergolong rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan critical thinking siswa adalah dengan menerapkan LKPD Collaborative berbasis pembuatan genteng pada materi zat dan perubahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji; 1) capaian critical thinking siswa yang menggunakan pembelajaran dengan LKPD Collaborative berbasis pembuatan genteng, 2) pengaruh penerapan LKPD Collaborative berbasis pembuatan genteng pada materi zat dan perubahannya. Penelitian ini menggunakan desain true experimental pre-test post-test control group design. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Bangsalsari pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan teknik yang digunakan untuk menentukan sampel adalah random sampling. Pemilihan sampel berdasarkan uji homogenitas kelas VII pada ulangan harian bab sebelumnya dengan menggunakan kriteria apabila nilai sig. Lebih dari 0.05 (> 0,05) maka data berasal dari varian yang sama atau homogen. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa data berasal dari varian yang sama (homogen), pengambilan sampel kelas kontrol dan kelas eksperimen didasarkan pada nilai sumatif yang sama yaitu pada kelas VII E dan elas VII F. Kelas VII E merupakan kelas kontrol dan kelas VII F merupakan kelas eksperimen. Kedua kelas ini memiliki perlakuan yang berbeda selama pembelajaran. Sebelum penelitian berlangsung kedua kelas tersebut diberi soal tes critical thinking yaitu berupa pre-test. Kelas kontrol menerima pembelajaran konvensional dengan LKPD yang telah disediakan sekolah dalam pembelajaran sehari-hari, kelas eksperimen diberik perlakuan berupa pembelajaran menggunakan LKPD Collaborative berbasis pembuatan genteng. Pada akhir kegiatan pembelajaran, siswa diberikan tes untuk mengetahui critical thinking berupa post-test. Tes merupakan data primer dalam penelitiann ini, untuk data sekunder terdapat wawancara, observasi dam dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan dilanjutkan dengan uji independent sample ttest untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, pada awal sebelum pembelajaran nilai rerata kelas kontrol memiliki nilai critical thinking yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen. Pada tes awal critical thinking kelas kontrol memiliki rerata nilai sebesar 58,33 dan kelas eksperimen memiliki rerata nilai sebesar 46. Setelah kegiatan pembelajaran data menunjukkan kelas eksperimen memiliki nilai rerata critical thinking yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Tes akhir critical thinking menunjukkan kelas kontrol mendapatkan rerata skor sebesar 75,16 dan kelas eksperimen sebesar 84,33. Data-data yang telah diperoleh kemudian di uji normalitas untuk melihat apakah data terdistribusi secara normal atau tidak. Hasil uji normalitas tersebut menunjukkan nilai sig. sebesar 0,178 untuk kelas kontrol dan nilai sig. sebesar 0,097 untuk kelas eksperimen. Berdasarkan kriteria penerimaan uji normalitas, apabila nilai sig. lebih dari 0,05 (> 0,05) maka data dapat dikatakan terdistribusi secara normal. Selanjutnya data di ujikan dengan uji independent sample t-tes dimana nilai sig. menunjukkan adanya pengaruh nilai yang signifikan pada kedua kelas tersebut. Sehingga LKPD tersebut dapat dikatakan berpengaruh terhadap critical thinking siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128470
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository