Pengembangan Media Pembelajaran Assemblr EDU - Canva berbasis STEM pada Materi Sistem Gerak untuk Mendukung Dimensi Kreatif pada Profil Pelajar Pancasila di SMA
Abstract
Penggunaan media seperti Assemblr EDU - Canva berbasis STEM
memberikan peluang baru dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif dan
menarik. Teknologi ini mampu membantu siswa dalam memahami konsep secara
mendalam, terutama pada mata pelajaran Biologi. Melalui penggunaan teknologi
ini, guru dapat menyampaikan materi dengan lebih efektif, meningkatkan motivasi
belajar siswa, serta mempersingkat waktu pembelajaran melalui penyajian materi
yang menarik dan praktis. Media ini juga memungkinkan siswa untuk
mengeksplorasi konsep abstrak menjadi lebih nyata, sehingga meningkatkan daya
serap dan keterlibatan mereka dalam proses belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran Assemblr
EDU - Canva berbasis STEM pada materi sistem gerak. Penelitian ini berfokus
untuk mengevaluasi tingkat validitas media, uji kepraktisan, efektivitas media
pembelajaran, serta untuk mengetahui sejauh mana media ini mendukung
ketercapaian dimensi kreatif pada Profil Pelajar Pancasila. Pendekatan penelitian
menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Model ini mencakup lima tahap utama, 1) tahap
analisis untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran, 2) tahap desain untuk
merancang media sesuai kebutuhan, 3) tahap pengembangan untuk menciptakan
prototipe media, 4) tahap implementasi untuk menguji coba media pada siswa dan
5) tahap evaluasi untuk menganalisis hasil uji coba dan meningkatkan kualitas
media.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, validasi ahli, pengisian
angket kepraktisan, serta pengukuran hasil belajar siswa menggunakan pre-test dan
post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang
dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi dengan persentase ratarata sebesar 89,26% dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan menunjukkan
nilai sebesar 86,24%, yang mengindikasikan bahwa media ini sangat praktis
digunakan. Hasil uji efektivitas menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai pretest dan post-test siswa dengan perhitungan N- Gain menunjukkan hasil 0,73
kategori tinggi yang berarti media ini mampu meningkatkan motivasi dan hasil
belajar siswa secara bermakna. Selain itu, media ini juga terbukti mendukung
pengembangan dimensi kreatif dalam Profil Pelajar Pancasila dengan nilai rata- rata
82,2% yang memungkinkan siswa untuk mengintegrasikan konsep-konsep inovatif
ke dalam proses belajar mereka. Media Pembelajaran Assemblr EDU - Canva
berbasis STEM ini menjadi solusi inovatif untuk mendukung pembelajaran
interaktif yang relevan dengan kebutuhan Gen Z.