Show simple item record

dc.contributor.authorNAFISAH, Khulya
dc.date.accessioned2025-10-24T02:13:24Z
dc.date.available2025-10-24T02:13:24Z
dc.date.issued2025-01-24
dc.identifier.nim210210103004en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128437
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 24 Oktober 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenggunaan media seperti Assemblr EDU - Canva berbasis STEM memberikan peluang baru dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menarik. Teknologi ini mampu membantu siswa dalam memahami konsep secara mendalam, terutama pada mata pelajaran Biologi. Melalui penggunaan teknologi ini, guru dapat menyampaikan materi dengan lebih efektif, meningkatkan motivasi belajar siswa, serta mempersingkat waktu pembelajaran melalui penyajian materi yang menarik dan praktis. Media ini juga memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi konsep abstrak menjadi lebih nyata, sehingga meningkatkan daya serap dan keterlibatan mereka dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran Assemblr EDU - Canva berbasis STEM pada materi sistem gerak. Penelitian ini berfokus untuk mengevaluasi tingkat validitas media, uji kepraktisan, efektivitas media pembelajaran, serta untuk mengetahui sejauh mana media ini mendukung ketercapaian dimensi kreatif pada Profil Pelajar Pancasila. Pendekatan penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Model ini mencakup lima tahap utama, 1) tahap analisis untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran, 2) tahap desain untuk merancang media sesuai kebutuhan, 3) tahap pengembangan untuk menciptakan prototipe media, 4) tahap implementasi untuk menguji coba media pada siswa dan 5) tahap evaluasi untuk menganalisis hasil uji coba dan meningkatkan kualitas media. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, validasi ahli, pengisian angket kepraktisan, serta pengukuran hasil belajar siswa menggunakan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi dengan persentase ratarata sebesar 89,26% dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan menunjukkan nilai sebesar 86,24%, yang mengindikasikan bahwa media ini sangat praktis digunakan. Hasil uji efektivitas menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai pretest dan post-test siswa dengan perhitungan N- Gain menunjukkan hasil 0,73 kategori tinggi yang berarti media ini mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa secara bermakna. Selain itu, media ini juga terbukti mendukung pengembangan dimensi kreatif dalam Profil Pelajar Pancasila dengan nilai rata- rata 82,2% yang memungkinkan siswa untuk mengintegrasikan konsep-konsep inovatif ke dalam proses belajar mereka. Media Pembelajaran Assemblr EDU - Canva berbasis STEM ini menjadi solusi inovatif untuk mendukung pembelajaran interaktif yang relevan dengan kebutuhan Gen Z.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Slamet Hariyadi, M.Si. DPA: Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.D.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAssemblr EDU – Canvaen_US
dc.subjectPembelajaran berbasis STEMen_US
dc.subjectModel pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).en_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Assemblr EDU - Canva berbasis STEM pada Materi Sistem Gerak untuk Mendukung Dimensi Kreatif pada Profil Pelajar Pancasila di SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Slamet Hariyadi, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.D.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_September 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record