• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul Ekologi Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa SMP/MTs dalam Kelas Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka

    Thumbnail
    View/Open
    Nikmatin Mabsutsah repo.pdf (2.585Mb)
    Date
    2023-07-20
    Author
    MABSUTSAH, Nikmatin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Heterogenitas peserta didik masih menjadi permasalahan yang kurang mendapatkan perhatian sehingga dapat berdampak pada rendahnya keterampilan berfikir kreatif dan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan media pembelajaran yang sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta didik selama proses pembelajaran. Namun, hasil kuesioner guru menunjukkan bahwa modul yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan gaya belajar masing-masing peserta didik. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif dan hasil belajar peserta didik adalah mengembangkan modul ekologi STEM terintegrasi dalam kelas berdiferensiasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul ekologi berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa SMP/MTs dalam kelas berdiferensiasi kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari 4 langkah yaitu define, design, develop, disseminate. Kevalidan modul dinilai oleh 2 orang ahli dan 2 orang pengguna. Kepraktisan buku ajar diperoleh dari nilai uji rumpang, respon guru dan siswa, serta keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan modul diperoleh dari hasil kemampuan keterampilan berfikir kreatif dan hasil belajar kognitif berupa nilai pretest dan posttest. Uji coba skala terbatas dan skala kelas dilakukan di SMP Ibrahimy 3 Sukorejo Situbondo sedangkan pada tahap penyebaran dilaksanakan di 3 sekolah yaitu di SMP Ibrahimy 3 Sukorejo Situbondo, SMPN 3 Banyuputih, dan MTs Almarhamah Jember. Hasil penelitian meliputi hasil uji validasi, uji kepraktisan, dan uji keefektifan modul. Uji validasi berupa rerata hasil validasi modul sebesar 90,21 dengan kriteria sangat valid. Uji kepraktisan berupa rerata hasil observasi keterlaksanaan pada uji skala kelas yaitu 90,76 dengan kriteria sangat valid. Rerata hasil uji rumpang pada uji skala kelas yaitu 91 dengan kriteria sangat praktis. Kemudian, uji kefektifan berupa rerata hasil N-gain keterampilan berfikir kreatif pada uji skala kelas yaitu 0,87. Rerata hasil N-gain hasil belajar pada uji skala kelas yaitu 0,92 dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa modul ekologi berbasis STEM dalam kelas berdiferensiasi sangat valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berfikir kreatif dan hasil belajar siswa SMP.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128430
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository