Show simple item record

dc.contributor.authorMABSUTSAH, Nikmatin
dc.date.accessioned2025-10-21T12:36:06Z
dc.date.available2025-10-21T12:36:06Z
dc.date.issued2023-07-20
dc.identifier.nim210220104007en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128430
dc.descriptionValidasi_firli_6_Oktober_25; Finalisasi oleh Taufik Tgl 20 Oktober 2025en_US
dc.description.abstractHeterogenitas peserta didik masih menjadi permasalahan yang kurang mendapatkan perhatian sehingga dapat berdampak pada rendahnya keterampilan berfikir kreatif dan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan media pembelajaran yang sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta didik selama proses pembelajaran. Namun, hasil kuesioner guru menunjukkan bahwa modul yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan gaya belajar masing-masing peserta didik. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif dan hasil belajar peserta didik adalah mengembangkan modul ekologi STEM terintegrasi dalam kelas berdiferensiasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul ekologi berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa SMP/MTs dalam kelas berdiferensiasi kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari 4 langkah yaitu define, design, develop, disseminate. Kevalidan modul dinilai oleh 2 orang ahli dan 2 orang pengguna. Kepraktisan buku ajar diperoleh dari nilai uji rumpang, respon guru dan siswa, serta keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan modul diperoleh dari hasil kemampuan keterampilan berfikir kreatif dan hasil belajar kognitif berupa nilai pretest dan posttest. Uji coba skala terbatas dan skala kelas dilakukan di SMP Ibrahimy 3 Sukorejo Situbondo sedangkan pada tahap penyebaran dilaksanakan di 3 sekolah yaitu di SMP Ibrahimy 3 Sukorejo Situbondo, SMPN 3 Banyuputih, dan MTs Almarhamah Jember. Hasil penelitian meliputi hasil uji validasi, uji kepraktisan, dan uji keefektifan modul. Uji validasi berupa rerata hasil validasi modul sebesar 90,21 dengan kriteria sangat valid. Uji kepraktisan berupa rerata hasil observasi keterlaksanaan pada uji skala kelas yaitu 90,76 dengan kriteria sangat valid. Rerata hasil uji rumpang pada uji skala kelas yaitu 91 dengan kriteria sangat praktis. Kemudian, uji kefektifan berupa rerata hasil N-gain keterampilan berfikir kreatif pada uji skala kelas yaitu 0,87. Rerata hasil N-gain hasil belajar pada uji skala kelas yaitu 0,92 dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa modul ekologi berbasis STEM dalam kelas berdiferensiasi sangat valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berfikir kreatif dan hasil belajar siswa SMP.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSTEMen_US
dc.subjectMODUL PEMBELAJARANen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN IPAen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN BERDIFERENSIASIen_US
dc.titlePengembangan Modul Ekologi Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa SMP/MTs dalam Kelas Berdiferensiasi Kurikulum Merdekaen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Pendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Slamet Hariyadi, M. Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Jekti Prihatin, M. Si.en_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_6_Oktober_25en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record