Show simple item record

dc.contributor.authorKOMARIYA, Nur Fitri
dc.date.accessioned2025-09-24T03:54:50Z
dc.date.available2025-09-24T03:54:50Z
dc.date.issued2025-02-12
dc.identifier.nim210210303049en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128279
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 15 Oktober 2025
dc.description.abstractRendahnya kemampuan kolaboratif dan kebutuhan penggunan teknologi sangat dibutuhkan siswa pada pembelajaran di era revolusi industri 4.0 abad 21. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan memberikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Articulate Storyline 3 dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Articulate Storyline 3 terhadap kemampuan kolaboratif dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dirancang melalui posttest only control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal posttest, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil persentase pengamatan kolaboratif menunjukkan pengaruh signifikan pada penerapan model PBL berbantuan Articulate Storyline 3 dibuktikan dari hasil uji hipotesis Sig 0,000 < 0,05 dan Sig 0,000 < 0,05 pada hasil posttest hasil belajar. Hal ini berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Articulate Stroryline 3 berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kolaboratif dan hasil belajar siswa SMA.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Yushardi, S.Si., M.Si. Muhammad Asyroful Mujib, S.Pd., M.Sc.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectARTICULATE STORYLINE 3en_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectKEMAMPUAN KOLABORATIFen_US
dc.subjectMODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)en_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Articulate Storyline 3 Terhadap Kemampuan Kolaboratif dan Hasil Belajar Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Yushardi, S.Si., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2M. Asyroful Mujib, S.Pd., M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US
dc.identifier.finalizationMonic_Taufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record