| dc.contributor.author | KOMARIYA, Nur Fitri | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-24T03:54:50Z | |
| dc.date.available | 2025-09-24T03:54:50Z | |
| dc.date.issued | 2025-02-12 | |
| dc.identifier.nim | 210210303049 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128279 | |
| dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 15 Oktober 2025 | |
| dc.description.abstract | Rendahnya kemampuan kolaboratif dan kebutuhan penggunan teknologi sangat dibutuhkan siswa pada pembelajaran di era revolusi industri 4.0 abad 21. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan memberikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Articulate Storyline 3 dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Articulate Storyline 3 terhadap kemampuan kolaboratif dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dirancang melalui posttest only control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal posttest, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil persentase pengamatan kolaboratif menunjukkan pengaruh signifikan pada penerapan model PBL berbantuan Articulate Storyline 3 dibuktikan dari hasil uji hipotesis Sig 0,000 < 0,05 dan Sig 0,000 < 0,05 pada hasil posttest hasil belajar. Hal ini berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Articulate Stroryline 3 berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kolaboratif dan hasil belajar siswa SMA. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Dr. Yushardi, S.Si., M.Si.
Muhammad Asyroful Mujib, S.Pd., M.Sc. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
| dc.subject | ARTICULATE STORYLINE 3 | en_US |
| dc.subject | HASIL BELAJAR | en_US |
| dc.subject | KEMAMPUAN KOLABORATIF | en_US |
| dc.subject | MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) | en_US |
| dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Articulate Storyline 3 Terhadap Kemampuan Kolaboratif dan Hasil Belajar Siswa SMA | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Pendidikan Geografi | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Yushardi, S.Si., M.Si. | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | M. Asyroful Mujib, S.Pd., M.Sc. | en_US |
| dc.identifier.validator | Hasyim | en_US |
| dc.identifier.finalization | Monic_Taufik | en_US |