• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Articulate Storyline 3 Terhadap Kemampuan Kolaboratif dan Hasil Belajar Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Fitri Komariya_210210303049.pdf (5.303Mb)
    Date
    2025-02-12
    Author
    KOMARIYA, Nur Fitri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya kemampuan kolaboratif dan kebutuhan penggunan teknologi sangat dibutuhkan siswa pada pembelajaran di era revolusi industri 4.0 abad 21. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan memberikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Articulate Storyline 3 dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Articulate Storyline 3 terhadap kemampuan kolaboratif dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dirancang melalui posttest only control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal posttest, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil persentase pengamatan kolaboratif menunjukkan pengaruh signifikan pada penerapan model PBL berbantuan Articulate Storyline 3 dibuktikan dari hasil uji hipotesis Sig 0,000 < 0,05 dan Sig 0,000 < 0,05 pada hasil posttest hasil belajar. Hal ini berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Articulate Stroryline 3 berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kolaboratif dan hasil belajar siswa SMA.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128279
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15734]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository