Strategi Nation Branding Arab Saudi melalui Event Motorsport dalam Mendukung Saudi Vision 2030
Abstract
Arab Saudi memperkenalkan Saudi Vision 2030 pada tahun 2016 untuk 
mengatasi ketergantungan ekonomi negara tersebut terhadap hasil minyak 
bumi. Saudi Vision 2030 mengusung visi diversifikasi ekonomi untuk 
mengubah 67 persen ekspor Arab Saudi berupa migas dan 33 persen ekspor 
Arab Saudi berupa nonmigas. Dalam mencapai Saudi Vision 2030, Arab Saudi 
memanfaatkan sektor olahraga dengan menginvestasikan dana dan 
memanfaatkan 
kemitraan 
dengan 
perusahaan 
internasional 
untuk 
menyelenggarakan acara internasional, salah satunya adalah dalam 
penyelenggaraan acara balap internasional seperti Formula 1, Formula E, 
Extreme E, dan Reli Dakar. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk 
mengetahui strategi nation branding yang dilakukan oleh Arab Saudi dalam 
mendukung Saudi Vision 2030 melalui penyelenggaraan ajang motorsport. 
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan 
data melalui studi pustaka. Strategi Arab Saudi dalam mencapai Saudi Vision 
2030 dengan melalui penyelenggaraan event motorsport internasional berupa 
dukungan investasi oleh pemerintah Arab Saudi, melakukan kemitraan dan 
sponsorship antara sektor publik dan swasta, serta menjalin kerja sama melalui 
media internasional.