Show simple item record

dc.contributor.authorSHOLIKHAH, Nikmatus
dc.date.accessioned2025-08-19T03:29:28Z
dc.date.available2025-08-19T03:29:28Z
dc.date.issued2025-03-03
dc.identifier.nim210210102073en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127943
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 19 Agustus 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran fisika merupakan proses untuk memberikan siswa pengetahuan dan pemahaman yang lebih luas dan mampu berpikir secara ilmiah. Pelajaran fisika identik dengan penerapan metode ceramah yang cenderung bepusat pada guru yang ditunjukkan dengan banyaknya penjelasan yang dilakukan oleh guru dan siswa hanya sebagai pendengar, sehingga siswa menjadi pasif. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan untuk mengikuti dan menangkap materi yang diajarkan sehingga siswa kurang aktif di kelas, sehingga minat belajar siswa dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Selain itu, pembelajaran yang berpusat pada guru juga berpengaruh pada kemampuan siswa untuk memecahan masalah. Dengan demikian guru fisika harus memiliki kreativitas untuk menerapkan berbagai model pembelajaran dan mengkombinasikannya dengan beberapa pemanfaatan teknologi agar siswa dapat mudah menerima materi fisika serta mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah secara tepat dan kreatif. Salah satu model dan media yang dapat dipadupadankan adalah model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media assessment Nearpod. Model Creative Problem Solving adalah pembelajaran yang berfokus pada kemampuan memecahkan masalah, sehingga siswa mampu berlatih untuk berpikir logis, terampil, serta kreatif dalam menemukan solusi dari permasalahan yang harus diselesaikan. Nearpod adalah salah satu software yang dapat menunjang pembelajaran yang didalamnya disertai fitur menarik yang dapat diakses secara gratis oleh guru dan siswa serta dapat menunjang pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media assessment Nearpod terhadap minat belajar fisika siswa SMA, dan mengkaji pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media assessment Nearpod terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Penelitian ini dilakukan di SMAN Jenggawah Kabupaten Jember pada semester gasal tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah jenis kuantitatif menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian true experiment yang menggunakan posttest only control group design. Sampel ditentukan dengan melakukan uji homogenitas terlebih dahulu, kemudian teknik pengambilan yang digunakan adalah cluster random sampling. Berdasarkan hasil undian kelompok sampel yang dipilih adalah kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa, dan kelas XI-4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa. Data minat belajar diperoleh dengan pengisian angket oleh setiap siswa, dan data hasil belajar diperoleh dengan posttest pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian mengenai pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media assessment Nearpod terhadap minat belajar siswa SMA diperoleh dari pengisian angket yang terdiri dari empat indikator, yaitu perasaan senang, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan. Dalam satu indikator terdapat empat pernyataan, sehingga terdapat enam belas pernyataan yang harus diisi oleh seluruh siswa dari kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-test mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0.016 (0.016 < 0.05). Berdasarkan pengambilan keputusan, jika sig. (2-tailed) < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan minat belajar fisika antara kelas kontrol dan kelas eskperimen. Hal ini dapat terjadi karena penerapan model Creative Problem Solving (CPS) dan media Nearpod pada kelas eksperimen. Dengan demikian, terdapat pengaruh signifikan penerapan model berbantuan media assessment Nearpod terhadap minat belajar fisika siswa SMA. Hasil penelitian mengenai pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media assessment Nearpod terhadap hasil belajar fisika siswa SMA diperoleh dari posttest yang dilakukan di kelas kontrol dan kelas eskperimen pada akhir proses pembelajaran. Soal posttest terdiri dari 10 soal pilihan ganda dengan penilaian ranah kognitif tahapan menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mengkreasi (C6). Posttest pada kelas eksperimen dilakukan dengan memanfaatkan media assessment Nearpod, sedangkan posttest pada kelas kontrol menggunakan paper pencil test. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney U-Test mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0.000 (0.000 < 0.05). Berdasarkan pengambilan keputusan, jika sig. (2 tailed) < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara kelas kontrol dan kelas eskperimen. Perbedaan tersebut disebabkan oleh perlakuan yang berbeda, dimana kelas eksperimen mendapatkan perlakukan penerapan model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media assessment Nearpod. Dengan demikian, terdapat pengaruh signifikan penerapan model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media assessment Nearpod terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu: 1) terdapat pengaruh signifikan model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media assessment Nearpod terhadap minat belajar fisika pada materi suhu dan kalor di kelas XI IPA SMAN Jenggawah, dan 2) terdapat pengaruh signifikan model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media assessment Nearpod terhadap hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor di kelas XI IPA SMAN Jenggawah. Penerapan model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media assessment Nearpod dapat menjadi alternatif pembelajaran untuk menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan pembelajaran berpusat pada siswa, sehingga mampu meningkatkan minat dan hasil belajar terutama pada pelajaran fisika.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Drs. Maryani, M.Pd. M.C.E. DPA: Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd., CIQnR., M.C.E.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectCreative Problem Solving (CPS)en_US
dc.subjectAssessment Nearpoden_US
dc.subjectHasil Belajar Fisika SMAen_US
dc.titlePengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media Assessment Nearpod Terhadap Minat belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Maryani, M.Pd., M.C.E.en_US
dc.identifier.pembimbing2Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd., CIQnR., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record