Show simple item record

dc.contributor.authorRAHMAWATI, Nadia Putri
dc.date.accessioned2025-08-15T02:37:32Z
dc.date.available2025-08-15T02:37:32Z
dc.date.issued2025-03-14
dc.identifier.nim210210204004en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127906
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 15 Agustus 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPermasalahan yang melatar belakangi dilakukannya penelitian tindakan kelas ini yaitu kurangnya variasi model dalam pembelajaran, kurang tepatnya menggunakan strategi pembelajaran, siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran atau pasif, siswa juga kurang percaya diri untuk mengungkapkan pertanyaan, ide maupun gagasan, serta kurang optimalnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Jambewangi, Banyuwangi. Salah satu solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah, yaitu Problem Based Learning (PBL) berbantuan mind mapping. Terdaoat 2 rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) “Bagaimana penerapan Problem Based Learning (PBL) berbantuan media mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SDN 2 Jambewangi?” ; (2) “Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan pengimplementasian Problem Based Learning (PBL) berbantuan Mind Mapping pada materi energi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Jambewangi?”. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan memaparkan hasil penelitian yang telah dihitung dengan menggunakan rumus presentase klasikal. Subjek penelitian dalam penelitian ini merupakan siswa kelas IV SDN 2 Jambewangi, Banyuwangi yang terdiri dari 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes subjektif berjumlah 20 soal yang telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesulitan instrumen tes. Hasil dari prasiklus didapatkan bahwa terdapat 7 siswa yang telah tuntas dengan presentase 38,89% dan 11 siswa belum tuntas dengan presentase 61,11% dengan rata rata nilai 68,88. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Jambewangi, Banyuwangi pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus dimana setiap siklus terdapat 2 pertemuan. Pada hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah dilakukan tindakan siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdapat 13 siswa (72,24%) yang tuntas mencapai nilai di atas KKM 73 dan 5 siswa (27,78) belum tuntas. Kemudian pada siklus II dengan rata rata klasikal 81, 38 terdapat peningkatan yaitu 17 siswa (94,44%) tuntas, dan satu siswa (5,56%) belum tuntas. Dapat ditarik kesimpulan bahwa berdasarkan hasil analisis nilai siswa pada siklus I dan siklus II bahwa penerapan model problem based learning berbantuan mind mapping pada materi energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Jambewangi, Banyuwangi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectMind Mappingen_US
dc.subjectMateri Energien_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePenerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Mind Mapping pada Materi Energi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Jambewangi Kabupaten Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nuriman, Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.PFis.en_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record