Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Mind Mapping pada Materi Energi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Jambewangi Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Permasalahan yang melatar belakangi dilakukannya penelitian tindakan
kelas ini yaitu kurangnya variasi model dalam pembelajaran, kurang tepatnya
menggunakan strategi pembelajaran, siswa kurang berperan aktif dalam
pembelajaran atau pasif, siswa juga kurang percaya diri untuk mengungkapkan
pertanyaan, ide maupun gagasan, serta kurang optimalnya hasil belajar siswa kelas
IV SDN 2 Jambewangi, Banyuwangi. Salah satu solusi untuk memecahkan
permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran berbasis
masalah, yaitu Problem Based Learning (PBL) berbantuan mind mapping.
Terdaoat 2 rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) “Bagaimana penerapan
Problem Based Learning (PBL) berbantuan media mind mapping untuk
meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SDN 2 Jambewangi?” ; (2)
“Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan pengimplementasian Problem
Based Learning (PBL) berbantuan Mind Mapping pada materi energi terhadap hasil
belajar siswa kelas IV SDN 2 Jambewangi?”.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif
dengan memaparkan hasil penelitian yang telah dihitung dengan menggunakan
rumus presentase klasikal. Subjek penelitian dalam penelitian ini merupakan siswa
kelas IV SDN 2 Jambewangi, Banyuwangi yang terdiri dari 18 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Instrumen tes yang
digunakan dalam penelitian ini berupa tes subjektif berjumlah 20 soal yang telah
dilakukan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesulitan instrumen
tes.
Hasil dari prasiklus didapatkan bahwa terdapat 7 siswa yang telah tuntas
dengan presentase 38,89% dan 11 siswa belum tuntas dengan presentase 61,11% dengan rata rata nilai 68,88. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Jambewangi,
Banyuwangi pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang
digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus dimana
setiap siklus terdapat 2 pertemuan.
Pada hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat
peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah dilakukan tindakan siklus I
dan siklus II. Pada siklus I terdapat 13 siswa (72,24%) yang tuntas mencapai nilai
di atas KKM 73 dan 5 siswa (27,78) belum tuntas. Kemudian pada siklus II dengan
rata rata klasikal 81, 38 terdapat peningkatan yaitu 17 siswa (94,44%) tuntas, dan
satu siswa (5,56%) belum tuntas.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa berdasarkan hasil analisis nilai siswa pada
siklus I dan siklus II bahwa penerapan model problem based learning berbantuan
mind mapping pada materi energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV
SDN 2 Jambewangi, Banyuwangi.