• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Mind Mapping pada Materi Energi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Jambewangi Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Nadia Putri R 210210204004.pdf (2.356Mb)
    Date
    2025-03-14
    Author
    RAHMAWATI, Nadia Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan yang melatar belakangi dilakukannya penelitian tindakan kelas ini yaitu kurangnya variasi model dalam pembelajaran, kurang tepatnya menggunakan strategi pembelajaran, siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran atau pasif, siswa juga kurang percaya diri untuk mengungkapkan pertanyaan, ide maupun gagasan, serta kurang optimalnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Jambewangi, Banyuwangi. Salah satu solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah, yaitu Problem Based Learning (PBL) berbantuan mind mapping. Terdaoat 2 rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) “Bagaimana penerapan Problem Based Learning (PBL) berbantuan media mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SDN 2 Jambewangi?” ; (2) “Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan pengimplementasian Problem Based Learning (PBL) berbantuan Mind Mapping pada materi energi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Jambewangi?”. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan memaparkan hasil penelitian yang telah dihitung dengan menggunakan rumus presentase klasikal. Subjek penelitian dalam penelitian ini merupakan siswa kelas IV SDN 2 Jambewangi, Banyuwangi yang terdiri dari 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes subjektif berjumlah 20 soal yang telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesulitan instrumen tes. Hasil dari prasiklus didapatkan bahwa terdapat 7 siswa yang telah tuntas dengan presentase 38,89% dan 11 siswa belum tuntas dengan presentase 61,11% dengan rata rata nilai 68,88. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Jambewangi, Banyuwangi pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus dimana setiap siklus terdapat 2 pertemuan. Pada hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah dilakukan tindakan siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdapat 13 siswa (72,24%) yang tuntas mencapai nilai di atas KKM 73 dan 5 siswa (27,78) belum tuntas. Kemudian pada siklus II dengan rata rata klasikal 81, 38 terdapat peningkatan yaitu 17 siswa (94,44%) tuntas, dan satu siswa (5,56%) belum tuntas. Dapat ditarik kesimpulan bahwa berdasarkan hasil analisis nilai siswa pada siklus I dan siklus II bahwa penerapan model problem based learning berbantuan mind mapping pada materi energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Jambewangi, Banyuwangi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127906
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15633]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository