Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media TikTok Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajae Geografi Siswa SMA
Abstract
Model pembelajaran discovery learning belum cukup maksimal dalam
mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa sehingga
diberikan solusi menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)
berbantuan media Tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh yang
signifikan dari model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan
media TikTok terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar geografi siswa
SMA. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen
dan dirancang dengan posttest only control group design. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan model
pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media TikTok terhadap
kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar geografi pada kelas eksperimen yang
diberikan perlakuan dimana hasil nilai Independent Sample T-test dibawah (> 0,05).
Kesimpulan penelitian bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model
pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media TikTok terhadap
kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar geografi siswa SMA.