Show simple item record

dc.contributor.authorALIFI, Aulia Nur
dc.date.accessioned2025-08-04T04:01:35Z
dc.date.available2025-08-04T04:01:35Z
dc.date.issued2024-06-06
dc.identifier.nim170210301105en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127684
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 7 Agustus 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPlatform Bijak Memilih merupakan sebuah platform edukasi politik yang menyediakan informasi tentang isu-isu strategis, rekam jejak partai politik, dan profil calon presiden dan calon wakil presiden. Pihak platform ini memiliki target kedepannya untuk mengembangkan platform yang sesuai dengan kebutuhan pengguna berdasarkan feedback yang berisi pujian, kritik, dan saran dari media sosial. Oleh karena itu, perlu dilakukan sebuah penelitian dalam analisis sentimen untuk mengidentifikasi opini dan identifikasi objek pembahasan yang menjadi target dari opini tersebut melalui POS Tagging. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saran pengguna untuk platform Bijak Memilih dan mengetahui tingkat akurasi dari implementasi algoritma yang digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan karena terdapat pengolahan dataset yang merubah data teks menjadi data numerik melalui proses pembobotan dan klasifikasi. Pada penelitian ini, proses analisis sentimen menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier karena tidak memerlukan banyak data latih, rumusnya yang sederhana menjadi mudah dipahami, hasil akurasi yang cukup tinggi, dan membutuhkan waktu yang lebih cepat dalam menjalankan proses algoritmanya daripada algoritma klasifikasi lainnya. Sedangkan pada proses POS Tagging menggunakan Hidden Markov Model (HMM) untuk menangani permasalahan ambiguitas karena memberikan akurasi yang tinggi dan waktu pemrosesan yang cepat. Penggunaan HMM ini dioptimalkan menggunakan algoritma Viterbi untuk menemukan urutan tag pos yang paling memiliki probabilitas tertinggi. Hasil POS Tagging dianalisis menggunakan algoritma Apriori untuk membantu menemukan keterkaitan antar item (kata) secara efisienen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBijak Memilihen_US
dc.subjectPlatformen_US
dc.subjectAnalisis Sentimenen_US
dc.titlePengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Oleh-oleh UD Purnama Jati Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiEkonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Joko Widodo, M.M.en_US
dc.identifier.pembimbing2Tiara, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Juli 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record