Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Oleh-oleh UD Purnama Jati Jember
Abstract
Platform Bijak Memilih merupakan sebuah platform edukasi politik yang
menyediakan informasi tentang isu-isu strategis, rekam jejak partai politik, dan
profil calon presiden dan calon wakil presiden. Pihak platform ini memiliki target
kedepannya untuk mengembangkan platform yang sesuai dengan kebutuhan
pengguna berdasarkan feedback yang berisi pujian, kritik, dan saran dari media
sosial. Oleh karena itu, perlu dilakukan sebuah penelitian dalam analisis sentimen
untuk mengidentifikasi opini dan identifikasi objek pembahasan yang menjadi
target dari opini tersebut melalui POS Tagging. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui saran pengguna untuk platform Bijak Memilih dan mengetahui
tingkat akurasi dari implementasi algoritma yang digunakan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan karena terdapat
pengolahan dataset yang merubah data teks menjadi data numerik melalui proses
pembobotan dan klasifikasi. Pada penelitian ini, proses analisis sentimen
menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier karena tidak memerlukan banyak
data latih, rumusnya yang sederhana menjadi mudah dipahami, hasil akurasi yang
cukup tinggi, dan membutuhkan waktu yang lebih cepat dalam menjalankan
proses algoritmanya daripada algoritma klasifikasi lainnya. Sedangkan pada
proses POS Tagging menggunakan Hidden Markov Model (HMM) untuk
menangani permasalahan ambiguitas karena memberikan akurasi yang tinggi dan
waktu pemrosesan yang cepat. Penggunaan HMM ini dioptimalkan menggunakan
algoritma Viterbi untuk menemukan urutan tag pos yang paling memiliki
probabilitas tertinggi. Hasil POS Tagging dianalisis menggunakan algoritma
Apriori untuk membantu menemukan keterkaitan antar item (kata) secara efisien