Pengembangan Media Powerpoint Macro Berbasis IPA Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP
Abstract
Pendidikan saat ini menekankan siswa untuk memiliki kemampuam abad21 yang berfokus pada kemampuan berpikir dan kemampuan menguasai teknologi
informasi. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa pada abad-21 yaitu
kemampuan berpikir kreatif (creative thinking) yang memuat empat indikator yaitu
fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Kemampuan berpikir kreatif dapat
menuntun siswa dalam menghasilkan ide-ide baru yang orisinil agar siswa dapat
memecahkan masalah. Pentingnya kemampuan berpikir kreatif siswa selaras
dengan hakikat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang merangsang
kemampuan berpikir siswa dengan didasari empat prinsip utama, antara lain sikap,
proses, produk, dan aplikasi. Namun faktanya, kemampuan berpikir kreatif siswa
pada pembelajaran IPA masih tergolong rendah.
Hasil belajar berperan penting dalam proses pembelajaran dikarenakan hasil
belajar dapat menjadi panduan bagi guru untuk memahami sejauh mana
pemahaman dan pengalaman yang telah diperoleh siswa. Akan tetapi, hasil belajar
IPA siswa Indonesia masih tergolong rendah. Pengembangan media pembelajaran
powerpoint macro berbasis IPA realistik dapat membantu siswa belajar lebih fokus
dan memahami konsep IPA dengan lebih baik. Media ini interaktif, inovatif, dan
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan
keefektifan media powerpoint macro berbasis IPA realistik untuk meningkatkan
hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah
penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari
tahap analize, design, develop, implement, dan evaluate. Instrument pengumpulan
data yang digunakan antara lain lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan,
lembar tes, dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik persentase untuk mengetahui validitas media powerpoint macro
berbasis IPA realistik. Teknik analisis persentase juga digunakan untuk kepraktisan
media powerpoint macro berbasis IPA realistik serta analisis angket respon siswa.
Teknik N-gain digunakan untuk mengetahui hasil belajar dan kemampuan berpikir
kreatif siswa melalui tes.
Hasil analisis validitas media powerpoint macro berbasis IPA realistik
berdasarkan perhitungan rata-rata dari tiga validator mendapatkan nilai persentase
sebesar 91,88% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis kepraktisan media
powerpoint macro berbasis IPA realistik berdasarkan perhitungan rata-rata lembar
keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh tiga pengamat mendapatkan nilai
persentase 88,27% dengan kategori sangat praktis sehingga dapat dinyatakan
terlaksana dengan baik. Hasil analisis efektivitas media powerpoint macro berbasis
IPA realistik berdasarkan nilai rata-rata pre-test dan post-test menggunakan
indikator hasil belajar kognitif menunjukkan peningkatan rata-rata N-gain sebesar
0,53 dengan kategori sedang dan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 0,52
dengan kategori sedang. Efektivitas produk juga ditentukan dari angket respon
siswa terhadap media powerpoint macro berbasis IPA realistik yang mendapat
respon positif dengan nilai persentase 81,67% dengan kategori baik.
Kesimpulan dalam penelitian yang dilakukan yaitu media powerpoint
macro berbasis IPA realistik untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan
berpikir kreatif siswa SMP menunjukkan hasil analisis yang sangat valid, sangat
praktis, dan efektif. Oleh karena itu, media powerpoint macro berbasis IPA realistik
dapat digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar dan
berpikir kreatif siswa SMP.