Show simple item record

dc.contributor.authorPRIYANDINI, Imaniar
dc.date.accessioned2025-08-04T02:36:18Z
dc.date.available2025-08-04T02:36:18Z
dc.date.issued2024-07-18
dc.identifier.nim200210205023en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127676
dc.descriptionFinalisasi repositori tanggal 7 Agustus 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractSalah satu bentuk kemandirian yang dapat diperoleh oleh anak adalah keterampilan bantu diri. Bantu diri adalah keterampilan bagi anak dalam menjalani kehidupan secara mandiri. Setelah dilakukan observasi oleh peneliti pada bulan Maret 2023 di kelompok bermain TK Tadika Puri, diketahui kemampuan bantu diri anak di toilet masih terbilang cukup rendah. Untuk pergi ke toilet anak sangat bergantung pada guru maupun orang yang ada di sekitarnya, karena anak tidak terbiasa mandiri untuk ke toilet. Hal ini ditunjukkan dengan masih ada beberapa anak yang tidak dapat membuka celana sendiri, menahan kencing, masih belum mampu menyampaikan keinginan untuk BAK dan BAB. Saat anak ingin kencing, anak langsung kencing di tempat. Dengan adanya permasalahan tersebut, pembelajaran jadi kurang efektif karena guru yang seharusnya fokus mengajar, perhatiannya jadi terbagi unuk membersihkan tempat tersebut dan anak lainnya tidak fokus untuk belajar. Mengingat masalah yang ada, diperlukan penggunaan media yang tepat untuk membantu anak meningkatkan kemampuan kemandirian dalam bantu diri di toilet. Penggunaan media gambar seri sebagai salah satu media agar anak bisa memahami cara-cara di dalam toilet dan mereka dapat mengingat bagaimana proses melakukan tata cara di toilet. Rumusan masalah yang akan diajukan dalam penelitian ini yaitu “Adakah pengaruh toilet training berbantu gambar seri terhadap keterampilan bantu diri anak usia 3-4 tahun di TK Tadika Puri?” Tujuan masalah yang ingin dicapai pada penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan toilet training berbantuan gambar seri terhadap keterampilan bantu diri anak usia 3-4 tahun di TK Tadika Puri.Penelitian ini dilaksanakan di TK Tadika Puri tahun ajaran 2023/2024 sasaran siswa usia 3-4 tahun dengan jumlah subjek penelitian berjumlah 17 peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pra-Eksperimental dengan menggunakan desain One Group Pre-test Post-test Design. Waktu pelaksanakan penelitian pada tanggal 7 mei 2024 sampai tanggal 25 mei 2024, dengan metode observasi dan teknik analisis data uji-t berpasangan. Dilihat dari hasil pretest melalui kegiatan toilet training, didapatkan hasil kemampuan bantu diri anak dengan rata-rata sebesar 42,94. Setelah mendapat perlakuan, dilakukan posttest kemampuan bantu diri anak dan didapat nilai ratarata dengan skor 79,88. Karena nilai signifikansi dari uji t-tes berpasangan diperoleh hasil sebesar 0,000 yang berarti < 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan di kegiatan toilet training berbantu gambar seri terhadap keterampilan bantu diri anak usia 3-4 tahun di TK Tadika Puri. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Saran yang bisa disampaikan dalam penelitian ini yaitu guru disarankan menerapkan metode toilet training berbantu gambar seri, sebagai metode untuk melatih keterampilan bantu diri anak, agar anak dapat melakukan kegiatan sehari hari secara mandiri tanpa bergantung pada guru ataupun orang di sekitar. Guru bercakap-capkap tentang kebersihan diri, kemudian guru menjelaskan pada anak cara melakukan kegiatan toilet training berbantu gambar seri, anak mempraktekkannya dengan mengenakan celemek, dan yang terakhir refleksi kegiatan.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A. DPA: Yuniarta Syarifatul Umami S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectToilet Trainingen_US
dc.subjectBerbantu Gambar Serien_US
dc.subjectKeterampilan Bantu Dirien_US
dc.subjectAnak Usia 3-4 Tahunen_US
dc.titlePengaruh Toilet Training Berbantu Gambar Seri Terhadap Keterampilan Bantu Diri Anak Usia 3-4 Tahun di TK Tadika Purien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A.en_US
dc.identifier.pembimbing2Yuniarta Syarifatul Umami S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Juli 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record