Pengaruh Toilet Training Berbantu Gambar Seri Terhadap Keterampilan Bantu Diri Anak Usia 3-4 Tahun di TK Tadika Puri
Abstract
Salah satu bentuk kemandirian yang dapat diperoleh oleh anak adalah
keterampilan bantu diri. Bantu diri adalah keterampilan bagi anak dalam
menjalani kehidupan secara mandiri. Setelah dilakukan observasi oleh peneliti
pada bulan Maret 2023 di kelompok bermain TK Tadika Puri, diketahui
kemampuan bantu diri anak di toilet masih terbilang cukup rendah. Untuk pergi ke
toilet anak sangat bergantung pada guru maupun orang yang ada di sekitarnya,
karena anak tidak terbiasa mandiri untuk ke toilet. Hal ini ditunjukkan dengan
masih ada beberapa anak yang tidak dapat membuka celana sendiri, menahan
kencing, masih belum mampu menyampaikan keinginan untuk BAK dan BAB.
Saat anak ingin kencing, anak langsung kencing di tempat. Dengan adanya
permasalahan tersebut, pembelajaran jadi kurang efektif karena guru yang
seharusnya fokus mengajar, perhatiannya jadi terbagi unuk membersihkan tempat
tersebut dan anak lainnya tidak fokus untuk belajar. Mengingat masalah yang ada,
diperlukan penggunaan media yang tepat untuk membantu anak meningkatkan
kemampuan kemandirian dalam bantu diri di toilet. Penggunaan media gambar
seri sebagai salah satu media agar anak bisa memahami cara-cara di dalam toilet
dan mereka dapat mengingat bagaimana proses melakukan tata cara di toilet.
Rumusan masalah yang akan diajukan dalam penelitian ini yaitu “Adakah
pengaruh toilet training berbantu gambar seri terhadap keterampilan bantu diri
anak usia 3-4 tahun di TK Tadika Puri?” Tujuan masalah yang ingin dicapai pada
penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan toilet training berbantuan
gambar seri terhadap keterampilan bantu diri anak usia 3-4 tahun di TK Tadika
Puri.Penelitian ini dilaksanakan di TK Tadika Puri tahun ajaran 2023/2024
sasaran siswa usia 3-4 tahun dengan jumlah subjek penelitian berjumlah 17
peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pra-Eksperimental
dengan menggunakan desain One Group Pre-test Post-test Design. Waktu
pelaksanakan penelitian pada tanggal 7 mei 2024 sampai tanggal 25 mei 2024,
dengan metode observasi dan teknik analisis data uji-t berpasangan.
Dilihat dari hasil pretest melalui kegiatan toilet training, didapatkan hasil
kemampuan bantu diri anak dengan rata-rata sebesar 42,94. Setelah mendapat
perlakuan, dilakukan posttest kemampuan bantu diri anak dan didapat nilai ratarata dengan skor 79,88. Karena nilai signifikansi dari uji t-tes berpasangan
diperoleh hasil sebesar 0,000 yang berarti < 0,05 maka terdapat pengaruh yang
signifikan di kegiatan toilet training berbantu gambar seri terhadap keterampilan
bantu diri anak usia 3-4 tahun di TK Tadika Puri. Maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil pretest dan posttest.
Saran yang bisa disampaikan dalam penelitian ini yaitu guru disarankan
menerapkan metode toilet training berbantu gambar seri, sebagai metode untuk
melatih keterampilan bantu diri anak, agar anak dapat melakukan kegiatan sehari
hari secara mandiri tanpa bergantung pada guru ataupun orang di sekitar. Guru
bercakap-capkap tentang kebersihan diri, kemudian guru menjelaskan pada anak
cara melakukan kegiatan toilet training berbantu gambar seri, anak
mempraktekkannya dengan mengenakan celemek, dan yang terakhir refleksi
kegiatan.