Show simple item record

dc.contributor.authorKOMARIYAH, Lailatul
dc.date.accessioned2025-08-01T06:39:41Z
dc.date.available2025-08-01T06:39:41Z
dc.date.issued2023-08-08
dc.identifier.nim190210205085en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127644
dc.descriptionValidasi_firli_1_agustus_25; Finalisasi oleh Taufik_Dinda Tgl 1 Agustus 2025en_US
dc.description.abstractBerdasarkan pada pengamatan awal pada bulan November 2022 di kelompok B1 TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember ditemukan bahwa terdapat perbedaan kegiatan pembelajaran dengan kelompok lainnya dimana kelompok B1 menggunakan aplikasi Icando Sekolah dalam kegiatan belajar mengajar. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “Bagaimana pemanfaatan aplikasi Icando Sekolah pada kegiatan pembelajaran di kelompok B1 TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun ajaran 2022/2023?” Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Icando Sekolah pada kegiatan pembelajaran di kelompok B1 TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan merupakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan pada bulan Maret sampai April tahun 2023 dengan subjek guru kelompok B1, Kepala Sekolah dan anak kelompok B1. Teknik analisis data melalui tahapan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Kredibilitas pada penelitian menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan di kelompok B1 TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022-2023, diketahui bahwa awal penggunaan aplikasi Icando Sekolah di TK Kartika IV-73 yaitu dari rasa ketertarikan kepala sekolah untuk menggunakan aplikasi Icando Sekolah pada kegiatan pembelajaran. Guru kelompok B1 menawarkan diri untuk menggunakan aplikasi tersebut. Penggunaan aplikasi Icando Sekolah dimulai pada awal semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Pemanfaatan aplikasi Icando Sekolah meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Pemanfaatan aplikasi Icando Sekolah pada perencanaan pembelajaran menunjukkan bahwa tidak semua fitur perencanaan dari aplikasi Icando sekolah dimanfaatkan oleh guru kelompok B1 TK Kartika IV-73 tetapi hanya fitur program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Demikian pula dengan kegiatan di sekolah tidak semua perencanaan kegiatan-kegiatan tersebut terakomodasi oleh aplikasi Icando Sekolah. Selain itu terdapat kendala dari aplikasi Icando Sekolah, yakni terlambat dalam pengirimkan rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian di awal semester genap sehingga kegiatan belajar pada awal semester sempat diganti oleh guru. Pemanfaatan aplikasi Icando Sekolah di TK Kartika IV-73 pada pelaksanaan pembelajaran belum dilakukan secara optimal karena terdapat kondisi tertantu yang mengakibatkan guru kesulitan mengikuti langkah-langkah kegiatan pembelajaran dari aplikasi tersebut. Pemanfaatan pada proses penilaian, semua fitur penilaian digunakan oleh guru kelompok B1 namun dalam penerapannya guru mengalami kesulitan untuk melakukan penilaian secara real time. Pada penilaian checklist, guru dapat melakukan penilaian secara autentik. Namun pada penilaian catatan anekdot guru hanya mencatat ketika ada kejadian yang tidak biasa sehingga belum sesuai dengan konsep penilaian autentik. Secara keselurahan pemanfaatan aplikasi Icando Sekolah di Kelompok B1 TK Kartika IV-73 pada kegiatan pembelajaran belum dilakukan secara optimal.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN ANAK USIA DINIen_US
dc.subjectAPLIKASI PEMBELAJARANen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.subjectICANDO SEKOLAHen_US
dc.titlePemanfaatan Aplikasi Icando Sekolah pada Kegiatan Pembelajaran di Kelompok B1 TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Aisyah Nur Atika. S. Pd., M. Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Reski Yulina Widiastuti. S.Pd., M. Pden_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_1_agustus_25en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record