Pemanfaatan Aplikasi Icando Sekolah pada Kegiatan Pembelajaran di Kelompok B1 TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Berdasarkan pada pengamatan awal pada bulan November 2022 di kelompok
B1 TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember ditemukan bahwa
terdapat perbedaan kegiatan pembelajaran dengan kelompok lainnya dimana kelompok
B1 menggunakan aplikasi Icando Sekolah dalam kegiatan belajar mengajar. Rumusan
masalah pada penelitian ini yaitu “Bagaimana pemanfaatan aplikasi Icando Sekolah
pada kegiatan pembelajaran di kelompok B1 TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember tahun ajaran 2022/2023?” Tujuan dari penelitian untuk
mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Icando Sekolah pada kegiatan pembelajaran di
kelompok B1 TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun
ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan metode deskriptif kualitatif.
Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan
wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan pada bulan Maret sampai April
tahun 2023 dengan subjek guru kelompok B1, Kepala Sekolah dan anak kelompok B1.
Teknik analisis data melalui tahapan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data,
menarik kesimpulan. Kredibilitas pada penelitian menggunakan triangulasi sumber dan
teknik.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan di kelompok B1 TK Kartika
IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022-2023, diketahui
bahwa awal penggunaan aplikasi Icando Sekolah di TK Kartika IV-73 yaitu dari rasa
ketertarikan kepala sekolah untuk menggunakan aplikasi Icando Sekolah pada kegiatan
pembelajaran. Guru kelompok B1 menawarkan diri untuk menggunakan aplikasi
tersebut. Penggunaan aplikasi Icando Sekolah dimulai pada awal semester ganjil tahun
ajaran 2022/2023.
Pemanfaatan aplikasi Icando Sekolah meliputi perencanaan pembelajaran,
pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Pemanfaatan aplikasi Icando
Sekolah pada perencanaan pembelajaran menunjukkan bahwa tidak semua fitur
perencanaan dari aplikasi Icando sekolah dimanfaatkan oleh guru kelompok B1 TK
Kartika IV-73 tetapi hanya fitur program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran
mingguan dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Demikian pula dengan
kegiatan di sekolah tidak semua perencanaan kegiatan-kegiatan tersebut terakomodasi
oleh aplikasi Icando Sekolah. Selain itu terdapat kendala dari aplikasi Icando Sekolah,
yakni terlambat dalam pengirimkan rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan dan
rencana pelaksanaan pembelajaran harian di awal semester genap sehingga kegiatan
belajar pada awal semester sempat diganti oleh guru.
Pemanfaatan aplikasi Icando Sekolah di TK Kartika IV-73 pada pelaksanaan
pembelajaran belum dilakukan secara optimal karena terdapat kondisi tertantu yang
mengakibatkan guru kesulitan mengikuti langkah-langkah kegiatan pembelajaran dari
aplikasi tersebut. Pemanfaatan pada proses penilaian, semua fitur penilaian digunakan
oleh guru kelompok B1 namun dalam penerapannya guru mengalami kesulitan untuk
melakukan penilaian secara real time. Pada penilaian checklist, guru dapat melakukan
penilaian secara autentik. Namun pada penilaian catatan anekdot guru hanya mencatat
ketika ada kejadian yang tidak biasa sehingga belum sesuai dengan konsep penilaian
autentik. Secara keselurahan pemanfaatan aplikasi Icando Sekolah di Kelompok B1
TK Kartika IV-73 pada kegiatan pembelajaran belum dilakukan secara optimal.