Penggunaan Penggunaan Aplikasi Solite Kids Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Kelompok A di TK Dharma Wanita II Jember
Abstract
Hasil pengamatan awal yang sudah dilaksanakan pada bulan April 2024
pada kelas A1 di TK Dharma Wanita II Kecamatan Panti Kabupaten Jember,
ditemukan permasalahan anak belum mampu mengenal konsep bilangan. Terdapat
90% dari 20 anak dalam kelas A1 menunjukkan anak belum mampu mengenal
konsep bilangan dan 10% cukup mengenal konsep bilangan. Anak belum mampu
mengenal konsep bilangan ditunjukkan dari anak yang belum mampu membilang
1-10, menghafal angka, Mencocokkan angka dengan jumlah benda dan menulis
angka dengan benar.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah” Apakah aplikasi Solite Kids pengaruh
terhadap pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Dharma
Wanita II” ?. Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk menguji pengaruh
penggunaan aplikasi Solite Kids terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan
pada kelompok A Di TK Dharma Wanita II Jember.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan
pola penelitian eksperimental semu (Quasi Eksperimental) dan menggunakan
rancangan non-equivalent Control Group. Lokasi yang digunakan penelitian dalam
melakukan penelitian, yaitu TK Dharma Wanita 2 Jember. Penelitian ini
dilaksanakan pada anak kelompok A dengan jumlah 38 anak. Waktu yang
dibutuhkan penelitian untuk mengambil data yaitu 10 hari. Hari pertama dilakukan
pretest, 5 kali pertemuan untuk pemberian treatment penggunaan aplikasi Solite
Kids untuk meningkatkan kemampuan konsep bilangan dan pada hari terakhir
diadakan posttest. Metode pengambilan data menggunakan hasil kegiatan pretest,
kegiatan pembelajaran sekaligus treatment, dan yang terakhir hasil kegiatan
posttest. Instrumen yang digunakan yaitu check lis dan ranting sale dengan patokan
intrument penelitian kemampuan mengenal konsep bilangan dan rublik penelitian.
Uji validitas pada penelitian ini menggunakan rumus Spearmans rho, uji reliabilitas
menggunakan rumus Cronbach's Alpha dan analisis datanya menggunakan uji
Mann Whitney.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil yang didapatkan dari uji
Mann Whitney signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 menunjukkan lebih kecil dari
0,05 (0,001<0,05), sehingga H, diterima dan Ho ditolak. H₁ diterima yang memiliki
arti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan penggunaan aplikasi
Solite Kids terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok
A di TK Dharma Wanita II Jember.
Peningkatan kemampuan konsep bilangan pada anak akan lebih efektif jika
pendidik menyajikan kegiatan yang beragam dan tidak membosankan. Salah satu
cara yang bisa digunakan adalah memanfaatkan aplikasi Solite Kids untuk
memperkenalkan konsep bilangan. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk
menggunakan metode pembelajaran lain yang sesuai dengan perkembangan dan
kebutuhan anak usia dini di lembaga PAUD. Ini bertujuan untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran, tidak hanya terbatas pada penggunaan aplikasi Solite Kids
dalam mengenalkan konsep bilangan.