Show simple item record

dc.contributor.authorILMIAH, Annisa Nurul
dc.date.accessioned2025-07-30T21:51:19Z
dc.date.available2025-07-30T21:51:19Z
dc.date.issued2025-07-23
dc.identifier.nim210210205082en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127615
dc.descriptionValidasi_firli_22_Juli_25; Finalisasi oleh Taufik Tgl 31 Juli 2025en_US
dc.description.abstractHasil pengamatan awal yang sudah dilaksanakan pada bulan April 2024 pada kelas A1 di TK Dharma Wanita II Kecamatan Panti Kabupaten Jember, ditemukan permasalahan anak belum mampu mengenal konsep bilangan. Terdapat 90% dari 20 anak dalam kelas A1 menunjukkan anak belum mampu mengenal konsep bilangan dan 10% cukup mengenal konsep bilangan. Anak belum mampu mengenal konsep bilangan ditunjukkan dari anak yang belum mampu membilang 1-10, menghafal angka, Mencocokkan angka dengan jumlah benda dan menulis angka dengan benar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah” Apakah aplikasi Solite Kids pengaruh terhadap pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita II” ?. Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk menguji pengaruh penggunaan aplikasi Solite Kids terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok A Di TK Dharma Wanita II Jember. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan pola penelitian eksperimental semu (Quasi Eksperimental) dan menggunakan rancangan non-equivalent Control Group. Lokasi yang digunakan penelitian dalam melakukan penelitian, yaitu TK Dharma Wanita 2 Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada anak kelompok A dengan jumlah 38 anak. Waktu yang dibutuhkan penelitian untuk mengambil data yaitu 10 hari. Hari pertama dilakukan pretest, 5 kali pertemuan untuk pemberian treatment penggunaan aplikasi Solite Kids untuk meningkatkan kemampuan konsep bilangan dan pada hari terakhir diadakan posttest. Metode pengambilan data menggunakan hasil kegiatan pretest, kegiatan pembelajaran sekaligus treatment, dan yang terakhir hasil kegiatan posttest. Instrumen yang digunakan yaitu check lis dan ranting sale dengan patokan intrument penelitian kemampuan mengenal konsep bilangan dan rublik penelitian. Uji validitas pada penelitian ini menggunakan rumus Spearmans rho, uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach's Alpha dan analisis datanya menggunakan uji Mann Whitney. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil yang didapatkan dari uji Mann Whitney signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 menunjukkan lebih kecil dari 0,05 (0,001<0,05), sehingga H, diterima dan Ho ditolak. H₁ diterima yang memiliki arti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan penggunaan aplikasi Solite Kids terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita II Jember. Peningkatan kemampuan konsep bilangan pada anak akan lebih efektif jika pendidik menyajikan kegiatan yang beragam dan tidak membosankan. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah memanfaatkan aplikasi Solite Kids untuk memperkenalkan konsep bilangan. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk menggunakan metode pembelajaran lain yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan anak usia dini di lembaga PAUD. Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, tidak hanya terbatas pada penggunaan aplikasi Solite Kids dalam mengenalkan konsep bilangan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectANAK USIA DINIen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.subjectMULTIMEDIA INTERAKTIFen_US
dc.subjectAPLIKASI SOLITE KIDSen_US
dc.titlePenggunaan Penggunaan Aplikasi Solite Kids Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Kelompok A di TK Dharma Wanita II Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nanik Yuliati M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_22_Juli_25en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record