Show simple item record

dc.contributor.authorDURUNNAFIS, Alyya Oktavia
dc.date.accessioned2025-07-30T06:54:15Z
dc.date.available2025-07-30T06:54:15Z
dc.date.issued2025-01-23
dc.identifier.nim210210101023en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127590
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 5 Agustus 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractKemampuan koneksi matematis adalah kemampuan yang dimiliki siswa dalam memahami keterkaitan antar konsep matematika, lalu mengaitkan ilmu matematika dengan bidang ilmu lainnya serta persoalan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Soal PISA merupakan salah satu bentuk soal yang mencakup indikator kemampuan koneksi matematis siswa. Indikator kemampuan koneksi matematis yang dimaksud adalah menuliskan konsep dalam matematika yang mendasari jawaban, mengenali hubungan dari berbagai representasi ide-ide matematika yang berkaitan dengan masalah kehidupan sehari-hari, serta mengenali dan memahami cara memecahkan ide-ide pada matematika yang saling berhubungan dan mendasari satu sama lain untuk memperoleh satu kesatuan yang utuh. Kemampuan menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari ataupun dengan bidang ilmu yang lain akan dapat berkembang secara optimal ketika mereka memiliki Self Confidence yang baik. Self confidence dapat diartikan sebagai penilaian setiap individu terhadap kemampuan atau potensi diri yang dimiliki, dengan harapan tujuan yang diinginkan akan tercapai dengan rasa penuh tanggung jawab dan tidak mudah terpengaruh oleh apapun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari self confidence. Soal PISA yang dimaksudkan yaitu soal modifikasi dari soal PISA asli tahun 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengisian angket self confidence, tes koneksi matematis, dan wawancara. Angket self confidence diberikan kepada siswa kelas VIII-I untuk mengetahui tingkatan self confidence yang dimilikinya, kemudian dilanjutkan dengan pemberian soal tes koneksi matematis yang telah divalidasi. Hasil angket self confidence dan hasil soal tes koneksi matematis kemudian dianalisis untuk menentukan subjek yang akan diwawancarai. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan self confidence tingkat tinggi, 2 siswa dengan self confidence tingkat sedang, dan 2 siswa dengan self confidence tingkat rendah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan self confidence tingkat tinggi dapat menyebutkan konsep apa saja pada matematika yang mendasari jawaban dan siswa dapat mengaitkan beberapa konsep matematika yang berhubungan dengan permasalahan sehari-hari. Siswa dengan self confidence tingkat tinggi juga dapat menentukan metode penyelesaian dari permasalahan yang di sajikan melalui konsep-konsep yang sudah mereka rencanakan sebelumnya. Siswa dengan self confidence tingkat sedang dapat menyebutkan konsep apa saja pada matematika yang mendasari jawaban dan siswa dapat mengaitkan beberapa konsep matematika yang berhubungan dengan permasalahan sehari-hari. Siswa dengan self confidence tingkat sedang juga dapat menentukan metode penyelesaian dari permasalahan yang di sajikan melalui konsep-konsep yang sudah mereka rencanakan sebelumnya. Sedangkan siswa dengan self confidence tingkat rendah tidak dapat memenuhi tiga indikator matematis siswa. Pada indikator pertama siswa tidak mampu memberikan jawaban yang lengkap sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap ketercapaiannya indikator kedua tentang pemaparan hubungan konsepkonsep matematika dalam permasalahan kehidupan sehari-hari. Pada indikator ketiga, tidak dapat menyelesaikan permasalahan hingga tuntas.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Prof. Dr. Drs. Didik Sugeng Pambudi, M.S. DPA: Inge Wiliandani Setya Putri, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectPISAen_US
dc.subjectKoneksi Matematisen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Jember dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Self Confidenceen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Drs. Didik Sugeng Pambudi, M.S.en_US
dc.identifier.pembimbing2Inge Wiliandani Setya Putri, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record