• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Jember dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Self Confidence

    Thumbnail
    View/Open
    Alyya Oktavia Durunnafis_210210101023 (2.763Mb)
    Date
    2025-01-23
    Author
    DURUNNAFIS, Alyya Oktavia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan koneksi matematis adalah kemampuan yang dimiliki siswa dalam memahami keterkaitan antar konsep matematika, lalu mengaitkan ilmu matematika dengan bidang ilmu lainnya serta persoalan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Soal PISA merupakan salah satu bentuk soal yang mencakup indikator kemampuan koneksi matematis siswa. Indikator kemampuan koneksi matematis yang dimaksud adalah menuliskan konsep dalam matematika yang mendasari jawaban, mengenali hubungan dari berbagai representasi ide-ide matematika yang berkaitan dengan masalah kehidupan sehari-hari, serta mengenali dan memahami cara memecahkan ide-ide pada matematika yang saling berhubungan dan mendasari satu sama lain untuk memperoleh satu kesatuan yang utuh. Kemampuan menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari ataupun dengan bidang ilmu yang lain akan dapat berkembang secara optimal ketika mereka memiliki Self Confidence yang baik. Self confidence dapat diartikan sebagai penilaian setiap individu terhadap kemampuan atau potensi diri yang dimiliki, dengan harapan tujuan yang diinginkan akan tercapai dengan rasa penuh tanggung jawab dan tidak mudah terpengaruh oleh apapun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari self confidence. Soal PISA yang dimaksudkan yaitu soal modifikasi dari soal PISA asli tahun 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengisian angket self confidence, tes koneksi matematis, dan wawancara. Angket self confidence diberikan kepada siswa kelas VIII-I untuk mengetahui tingkatan self confidence yang dimilikinya, kemudian dilanjutkan dengan pemberian soal tes koneksi matematis yang telah divalidasi. Hasil angket self confidence dan hasil soal tes koneksi matematis kemudian dianalisis untuk menentukan subjek yang akan diwawancarai. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan self confidence tingkat tinggi, 2 siswa dengan self confidence tingkat sedang, dan 2 siswa dengan self confidence tingkat rendah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan self confidence tingkat tinggi dapat menyebutkan konsep apa saja pada matematika yang mendasari jawaban dan siswa dapat mengaitkan beberapa konsep matematika yang berhubungan dengan permasalahan sehari-hari. Siswa dengan self confidence tingkat tinggi juga dapat menentukan metode penyelesaian dari permasalahan yang di sajikan melalui konsep-konsep yang sudah mereka rencanakan sebelumnya. Siswa dengan self confidence tingkat sedang dapat menyebutkan konsep apa saja pada matematika yang mendasari jawaban dan siswa dapat mengaitkan beberapa konsep matematika yang berhubungan dengan permasalahan sehari-hari. Siswa dengan self confidence tingkat sedang juga dapat menentukan metode penyelesaian dari permasalahan yang di sajikan melalui konsep-konsep yang sudah mereka rencanakan sebelumnya. Sedangkan siswa dengan self confidence tingkat rendah tidak dapat memenuhi tiga indikator matematis siswa. Pada indikator pertama siswa tidak mampu memberikan jawaban yang lengkap sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap ketercapaiannya indikator kedua tentang pemaparan hubungan konsepkonsep matematika dalam permasalahan kehidupan sehari-hari. Pada indikator ketiga, tidak dapat menyelesaikan permasalahan hingga tuntas.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127590
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository