• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Profil Berpikir Logis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Konten Aljabar

    Thumbnail
    View/Open
    Lailatul Hikamah_210210101016 (5.088Mb)
    Date
    2025-01-30
    Author
    HIKAMAH, Lailatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berpikir logis adalah proses berpikir untuk membuat kesimpulan berdasarkan fakta dengan menggunakan langkah-langkah yang tepat dan argumen yang sesuai. Kemampuan ini melibatkan berbagai proses, seperti mengingat, menghitung, menghubungkan informasi, dan menarik kesimpulan. Berpikir logis dapat ditingkatkan melalui pembelajaran matematika, terutama melalui kegiatan pemecahan masalah. Berpikir ini dapat diukur dengan pemberian masalah matematika yang melibatkan pemecahan masalah. Bentuk soal yang cocok digunakan untuk mengukur berpikir logis adalah soal numerasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil berpikir logis siswa SMP dalam menyelesaikan soal AKM numerasi konten aljabar. Soal yang digunakan sebanyak 2 soal bentuk uraian dengan konten aljabar pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) dan Pola Bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 2 siswa dari 30 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Genteng yang menunjukkan ketiga indikator berpikir logis. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu soal tes numerasi dan pedoman wawancara yang telah memenuhi kriteria valid dengan nilai (𝑉𝑎) adalah 3,835 dan 3,89 berada pada interval 3 ≤ 𝑉𝑎 < 4. Kegiatan awal yang dilakukan adalah penentuan permasalahan dan tempat penelitian, penyusunan rancangan penelitian, membuat surat izin, dan meminta izin penelitian. Kegiatan selanjutnya adalah pembuatan instrumen penelitian yang terdiri dari soal tes dan pedoman wawancara. Selanjutnya, instrumen penelitian diuji validitasnya. Instrumen yang sudah dikatakan valid digunakan sebagai bahan pengumpulan data penelitian. Pengumpulan data dilakukan selama dua hari yaitu pada tanggal 16-17 Desember 2024. Kegiatan hari pertama adalah memberikan soal tes AKM numerasi konten aljabar pokok bahasan SPLDV dan Pola Bilangan yang telah teruji kevalidannya kepada 30 siswa. Setelah pengumpulan data soal tes, dilakukan analisa data hasil penyelesaian soal tes AKM numerasi siswa sesuai indikator berpikir logis sesuai dengan tahapan pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melakukan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali. Pada hari kedua dilakukan wawancara kepada 2 siswa terpilih yang menunjukkan ketiga indikator berpikir logis. Subjek yang dipilih adalah subjek yang mampu menyelesaikan 2 soal yang diberikan dan menunjukkan ketiga indikator berpikir logis. Tahap selanjutnya adalah analisa data hasil wawancara siswa. Tahap akhir penelitian ini adalah penarikan kesimpulan dari data hasil tes AKM numerasi dan wawancara untuk mendeskripsikan profil berpikir logis siswa SMP dalam menyelesaikan soal AKM numerasi konten aljabar Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh 2 subjek yang menunjukkan indikator berpikir logis dengan berbagai macam cara penyelesaian yang sesuai dengan tahap pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melakukan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali. Profil berpikir logis siswa SMP dalam menyelesaikan soal AKM numerasi konten aljabar mencakup beberapa indikator utama. Pada keruntutan berpikir, siswa mampu menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan secara lengkap, baik dengan menggunakan bahasa sendiri maupun menyalin dari soal. Dalam perencanaan penyelesaian, siswa menerapkan berbagai rencana langkah penyelesaian secara runtut dan benar, seperti langkah-langkah membuat persamaan, menghitung total pendapatan atau menentukan jumlah kursi yang terisi. Pada kemampuan berargumen, siswa memberikan alasan logis terkait metode dan langkah penyelesaian yang dipilih. Pemeriksaan kembali jawaban dilakukan dengan mensubstitusi nilai 𝑥 dan 𝑦 ke dalam persamaan dan mengecek kembali langkahlangkah penyelesaian. Dalam penarikan kesimpulan, siswa menuliskan kesimpulan di setiap langkah dengan cara yang bervariasi dan menyampaikan kesimpulan akhir dengan jelas.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127580
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15734]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository