Show simple item record

dc.contributor.authorMAHARA, Intafa’a
dc.date.accessioned2025-07-28T04:15:04Z
dc.date.available2025-07-28T04:15:04Z
dc.date.issued2023-07-31
dc.identifier.nim160210204130en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127539
dc.descriptionValidasi_firli_24_Juli_25:: Finalisasi unggah file repositori tanggal 1 Agustus 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPendidikan formal erat kaitannya dengan berbagai macam buku, salah satunya adalah buku siswa. Buku dalam pembelajaran memiliki banyak kegunaan terutama bagi siswa. Buku siswa dekat kaitannya dengan siswa, karena digunakan setiap harinya dalam pembelajaran, dalam buku siswa haruslah berisikan nilainilai karakter. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal pasal 2 ayat 1 menjelasakan bahwa Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila. Terdapat 18 nilai karakter, diantaranya nilai religius, nilai jujur, nilai toleran, nilai disiplin, nilai bekerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai demokratis, nilai rasa ingin tahu, nilai semangat kebangsaan, nilai cintah tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. 18 nilai tersebut merupakan perwujudan dari 5 nilai karakter utama, yaitu religius, nasionalis, mandiri, integritas, dan gotong royong, kelima nilai tersebut saling berkaitan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. PPK adalah sebuah gerakan pendidikan yang berada di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter siswa dengan harmonisasi olah hati, rasa, pikir, dan raga, untuk melaksanakannya perlu adanya dukungan dan kerja sama sekolah, masyarakat, dan keluarga yang merupakan bagian darI Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Analisis kesesuaian nilai-nilai pendidikan karakter dengan permendikbud no.20 tahun 2018 pada buku siswa kelas III tema kewajiban dan hakku, terdapat 4 subtema, yaitu subtema 1 adalah kewajiban dan hakku di rumah, subtema 2 adalah kewajiban dan hakku di sekolah, subtema 3 adalah kewajiban dan hakku dalam bertetangga, serta subtema 4 adalah kewajiban dan hakku sebagai warga negara, dengan setiap subtema berisi 6 pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini, apa saja nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku siswa kelas III tema 4? dan bagaimanakah kesesuaian nilai-nilai pendidikan karakter pada buku siswa kelas III tema 4 kewajiban dan hakku revisi tahun 2018 dengan Permendikbud No. 20 tahun 2018? Objek dari penelitian ini adalah buku siswa kelas III dengan tema kewajiban dan hakku revisi tahun 2018. Penulis buku ini adalah Iba Muhibba, S.Sos, dan Lubna Assagaf, S.Pd, buku tematik siswa tersebut diterbitkan oleh pusat kurikulum dan perbukuan, balitbang, kemendikbud di Jakarta. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian muatan nilai-nilai pendidikan karakter pada buku siswa kelas III tema kewajiban dan hakku revisi 2018 sangat baik, terlihat dari perolehan akumulasi dari 4 subtema yaitu, 100%. Perolehan akumulasi dari 4 subtema yang tertinggi diperoleh nilai gotong royong, dengan perolehan 32,6%, perolehan terendah diperoleh nilai integritas dengan perolehan skor 4,3%. perolehan untuk nilai mandiri adalah 30,4%, untuk perolehan nilai religius adalah 19,6%, dan yang terakhir adalah perolehan dari nilai nasionalis, yaitu sebesar 13%. terlihat dari perolehan tersebut perlu pemerataan dan penambahan untuk setiap nilai karakter pada setiap subtema. Hasil analisis dan pembahasan yang didapatkan, maka dapat disimpulkan mengenai muatan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku siswa kelas III dengan tema kewajiban dan hakku telah sesuai dengan PPK, terdiri dari religius, nasonalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Untuk tingkat kesesuaiannya adalah 100% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis buku siswa ini dapat digunakan sebagai sumber alternatif dan juga bahan pertimbangan bagi guru maupun calon guru sebelum menggunakan buku siswa ini.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd. DPA: Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBuku Teksen_US
dc.subjectKurikulum 2013en_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.titleAnalisis Kesesuaian Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Buku Siswa Kelas III Tema 4 Kewajiban dan Hakku Revisi Tahun 2018 dengan Permendikbud No. 20 Tahun 2018en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_24_Juli_25en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record