Analisis Kesesuaian Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Buku Siswa Kelas III Tema 4 Kewajiban dan Hakku Revisi Tahun 2018 dengan Permendikbud No. 20 Tahun 2018
Abstract
Pendidikan formal erat kaitannya dengan berbagai macam buku, salah
satunya adalah buku siswa. Buku dalam pembelajaran memiliki banyak kegunaan
terutama bagi siswa. Buku siswa dekat kaitannya dengan siswa, karena digunakan
setiap harinya dalam pembelajaran, dalam buku siswa haruslah berisikan nilainilai karakter. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
No.20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan
Pendidikan Formal pasal 2 ayat 1 menjelasakan bahwa Penguatan Pendidikan
Karakter (PPK) dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila. Terdapat
18 nilai karakter, diantaranya nilai religius, nilai jujur, nilai toleran, nilai disiplin,
nilai bekerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai demokratis, nilai rasa ingin
tahu, nilai semangat kebangsaan, nilai cintah tanah air, nilai menghargai prestasi,
nilai komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli
lingkungan, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. 18 nilai tersebut
merupakan perwujudan dari 5 nilai karakter utama, yaitu religius, nasionalis,
mandiri, integritas, dan gotong royong, kelima nilai tersebut saling berkaitan satu
sama lain dan tidak dapat dipisahkan.
PPK adalah sebuah gerakan pendidikan yang berada di bawah tanggung
jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter siswa dengan harmonisasi
olah hati, rasa, pikir, dan raga, untuk melaksanakannya perlu adanya dukungan
dan kerja sama sekolah, masyarakat, dan keluarga yang merupakan bagian darI
Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).
Analisis kesesuaian nilai-nilai pendidikan karakter dengan permendikbud
no.20 tahun 2018 pada buku siswa kelas III tema kewajiban dan hakku, terdapat 4
subtema, yaitu subtema 1 adalah kewajiban dan hakku di rumah, subtema 2 adalah
kewajiban dan hakku di sekolah, subtema 3 adalah kewajiban dan hakku dalam
bertetangga, serta subtema 4 adalah kewajiban dan hakku sebagai warga negara,
dengan setiap subtema berisi 6 pembelajaran. Rumusan masalah dalam
penelitian ini, apa saja nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku siswa kelas
III tema 4? dan bagaimanakah kesesuaian nilai-nilai pendidikan karakter pada
buku siswa kelas III tema 4 kewajiban dan hakku revisi tahun 2018 dengan
Permendikbud No. 20 tahun 2018?
Objek dari penelitian ini adalah buku siswa kelas III dengan tema
kewajiban dan hakku revisi tahun 2018. Penulis buku ini adalah Iba Muhibba,
S.Sos, dan Lubna Assagaf, S.Pd, buku tematik siswa tersebut diterbitkan oleh
pusat kurikulum dan perbukuan, balitbang, kemendikbud di Jakarta. Jenis dari
penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan teknik analisis data statistik
deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
menggunakan metode dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian muatan nilai-nilai
pendidikan karakter pada buku siswa kelas III tema kewajiban dan hakku revisi
2018 sangat baik, terlihat dari perolehan akumulasi dari 4 subtema yaitu, 100%.
Perolehan akumulasi dari 4 subtema yang tertinggi diperoleh nilai gotong royong,
dengan perolehan 32,6%, perolehan terendah diperoleh nilai integritas dengan
perolehan skor 4,3%. perolehan untuk nilai mandiri adalah 30,4%, untuk
perolehan nilai religius adalah 19,6%, dan yang terakhir adalah perolehan dari
nilai nasionalis, yaitu sebesar 13%. terlihat dari perolehan tersebut perlu
pemerataan dan penambahan untuk setiap nilai karakter pada setiap subtema.
Hasil analisis dan pembahasan yang didapatkan, maka dapat disimpulkan
mengenai muatan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku siswa
kelas III dengan tema kewajiban dan hakku telah sesuai dengan PPK, terdiri dari
religius, nasonalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Untuk tingkat
kesesuaiannya adalah 100% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil
analisis buku siswa ini dapat digunakan sebagai sumber alternatif dan juga bahan
pertimbangan bagi guru maupun calon guru sebelum menggunakan buku siswa
ini.