Show simple item record

dc.contributor.authorDAMAYANTI, Galuh Eka Budi
dc.date.accessioned2025-07-21T06:46:23Z
dc.date.available2025-07-21T06:46:23Z
dc.date.issued2025-03-14
dc.identifier.nim210210101063en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127478
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 21 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractKemampuan literasi matematis didefinisikan sebagai kemampuan individu dalam merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika untuk menyelesaikan masalah dalam berbagai konteks dunia nyata. Kemampuan literasi matematis menjadi hal yang penting untuk dipahami dan dikuasai oleh siswa dalam proses menyelesaikan suatu masalah. Namun, fakta menunjukkan kemampuan literasi matematis siswa di Indonesia masih belum berkembang secara optimal. Hal ini terlihat dari hasil PISA 2022, bahwa siswa Indonesia mengalami penurunan ratarata nilai pada bidang matematika. Selain itu, data Asesmen Nasional juga menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa Indonesia masih dalam kategori sedang. Salah satu konten yang diujikan PISA adalah konten change and relationships yang sangat penting dalam matematika karena sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi, kemampuan siswa Indonesia dalam konten ini juga masih rendah. Oleh karena itu, perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa, terutama dalam konten change and relationships, agar dapat lebih baik dalam menyelesaikan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa SMAN 2 Lumajang dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Desember 2025 di kelas X C SMA Negeri 2 Lumajang. Prosedur penelitian terbagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, data tahap analisis data. Tahap pra-lapangan terdiri atas kegiatan pendahuluan, penyiapan instrumen penelitian berupa soal tes dan pedoman wawancara, serta kegiatan validasi instrumen penelitian. Tahap pekerjaan lapangan terdiri atas kegiatan pengumpulan data dan pemilihan subjek. Tahap analisis data terdiri atas kegiatan analisis data hasil penelitian dan penarikan kesimpulan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan secara sistematis untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa SMAN 2 Lumajang dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationhip masih dalam kategori rendah. Hal tersebut dikarenakan terdapat 18 siswa berkemampuan literasi matematis rendah yang hanya mampu mencapai satu proses literasi matematis saja. Selain itu hanya terdapat 6 siswa berkemampuan literasi matematis sedang yang mampu mencapai dua proses literasi matematis dan terdapat 8 siswa berkemampuan literasi matematis tinggi yang mampu mencapai ketiga proses literasi matematis. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa dengan memberikan pembiasaan soal-soal berkarakteristik PISA agar siswa lebih terlatih dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah kompleks dengan konteks dunia nyata. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan refrensi untuk penelitian sejenis dalam mengeksplorasi lebih dalam kemampuan literasi matematis siswa pada konteks yang berbeda atau metode yang lebih inovatif.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dra. Dinawati Trapsilasiwi, M.Pd. DPA: Inge Wiliandani Setya Putri, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPISAen_US
dc.subjectLiterasi Matematisen_US
dc.subjectKonten Change and Relationshipen_US
dc.titleKemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationshipen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dra.Dinawati Trapsilasiwi, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Inge Wiliandani Setya Putri, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorRevaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record