Show simple item record

dc.contributor.authorIZA TUL'ULUM, Aprilia Wulan
dc.date.accessioned2025-07-15T04:21:15Z
dc.date.available2025-07-15T04:21:15Z
dc.date.issued2025-01-21
dc.identifier.nim210210303088en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127352
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 15 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractRendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran geografi dilihat dari indikator C4 (menganalisis), C5 (Mengevaluasi), C6 (Mencipta) yang mempengaruhi hasil belajarnya. Oleh karena itu, solusi yang bisa diberikan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEM. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar geografi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen yang dirancang melalui desain posttest only control group design. Teknik analisis data yang digunakan melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi berdasarkan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test sebesar Sig 0,000 < 0,05; b) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap hasil belajar geografi siswa SMA melalui uji hipotesis menggunakan independent sample t-test senilai Sig 0,000< 0,05. Artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Prof. Dr.Sri Astutik, M.Si. DPA: Elan Artono Nurdin, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBerpikir Tingkat Tinggien_US
dc.subjectProblem Based Learning (PBL)en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectGeografien_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr.Sri Astutik, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Elan Artono Nurdin, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record