• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Aprilia Wulan Iza Tul’Ulum_210210303088 (1021.Kb)
    Date
    2025-01-21
    Author
    IZA TUL'ULUM, Aprilia Wulan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran geografi dilihat dari indikator C4 (menganalisis), C5 (Mengevaluasi), C6 (Mencipta) yang mempengaruhi hasil belajarnya. Oleh karena itu, solusi yang bisa diberikan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEM. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar geografi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen yang dirancang melalui desain posttest only control group design. Teknik analisis data yang digunakan melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi berdasarkan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test sebesar Sig 0,000 < 0,05; b) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap hasil belajar geografi siswa SMA melalui uji hipotesis menggunakan independent sample t-test senilai Sig 0,000< 0,05. Artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127352
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15494]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository