Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran geografi
dilihat dari indikator C4 (menganalisis), C5 (Mengevaluasi), C6 (Mencipta) yang
mempengaruhi hasil belajarnya. Oleh karena itu, solusi yang bisa diberikan melalui
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEM. Tujuan
penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan
hasil belajar geografi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen yang dirancang melalui desain posttest
only control group design. Teknik analisis data yang digunakan melalui uji
normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
a) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi berdasarkan uji
hipotesis menggunakan independent sample t-test sebesar Sig 0,000 < 0,05; b)
terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
berbasis STEM terhadap hasil belajar geografi siswa SMA melalui uji hipotesis
menggunakan independent sample t-test senilai Sig 0,000< 0,05. Artinya hipotesis
nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.