Show simple item record

dc.contributor.authorLUTFI DWI ZULAIKAH
dc.date.accessioned2013-12-24T10:19:02Z
dc.date.available2013-12-24T10:19:02Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM050210101315
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12727
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran, aktivitas siswa, dan peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep segiempat setelah pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik mind mapping. Subyek penelitian yang diambil adalah siswa SMP Negeri 1 Ambulu kelas VIIA sebanyak 41 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode tes. Penelitian ini di rencanakan menggunakan dua siklus, yaitu apabila siklus pertama telah mengalami peningkatan, maka tidak dilanjutkan pada siklus selanjutnya dan apabila belum mengalami peningkatan maka penelitian ini akan dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep segiempat diamati dengan membandingkan hasil tes pendahuluan dengan tes akhir. Akan tetapi karena pada siklus pertama sudah terjadi peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep segiempat, maka tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik mind mapping ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan pada hasil observasi, tes I, II, III dan wawancara. Aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik mind mapping dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang diperoleh dari hasil observasi. Sedangkan kemampuan pemahaman siswa terhadap konsep segiempat dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang diperoleh dengan membandingkan rata-rata hasil skor tes pendahuluan dengan ratarata hasil skor tes akhir siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210101315;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF,GROUP INVESTIGATION (INVESTIGASI KELOMPOK),MIND MAPPING (PETA PIKIRAN)en_US
dc.titlePEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (INVESTIGASI KELOMPOK) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VIIA SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 AMBULU TAHUN AJARAN 2008/2009en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record