Show simple item record

dc.contributor.authorRESITA, Sheila
dc.date.accessioned2025-07-09T03:31:15Z
dc.date.available2025-07-09T03:31:15Z
dc.date.issued2025-01-21
dc.identifier.nim200910101014en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127265
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 9 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractSektor pariwisata merupakan salah satu kontributor utama dalam pertumbuhan ekonomi Singapura. Sebagai destinasi wisata unggulan di Asia Tenggara, Singapura berada pada posisi pertama dalam indeks daya saing perjalanan dan pariwisata di Asia Tenggara pada tahun 2019. Pada tahun yang sama, sektor pariwisata Singapura menunjukkan kinerja positif dengan meningkatnya jumlah kunjungan yang mencapai 19,1 juta wisatawan. Namun, pandemi Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 berdampak signifikan terhadap penurunan jumlah kunjungan wisatawan sebesar 85,7 persen. Untuk mengatasi permasalahan ini, Singapore Tourism Board (STB) meluncurkan inisiatif SingapoReimagine guna memulihkan sektor pariwisata serta pemulihan arus wisatawan dengan menawarkan pengalaman wisata yang aman dan juga inovatif Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai upaya Singapura dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Indonesia melalui inisiatif SingapoReimagine. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Studi literatur menjadi instrumen utama yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dan analisis dari berbagai sumber yang relevan, seperti buku, artikel ilmiah, laporan pemerintah, dan publikasi dari lembaga terkait. Sumber-sumber ini berfungsi untuk memberikan informasi tambahan dan membantu peneliti untuk memperoleh perspektif yang lebih luas mengenai topik yang sedang dikaji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya Singapura dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Indonesia tidak hanya difokuskan pada pemulihan jumlah kunjungan wisatawan, tetapi juga pada menciptakan standar baru yang memprioritaskan keamanan dan kenyamanan wisatawan. Sebagai branding baru Singapura, inisiatif SingapoReimagine memiliki daya tarik berbeda dengan kampanye pariwisata sebelumnya dan menjadikannya lebih relevan di tengah pandemi Covid-19. Dengan menekankan penerapan protokol kesehatan yang ketat, turut berperan dalam membangun kepercayaan wisatawan. Selain itu, Singapura juga berupaya memperluas jangkauan promosi melalui kerja sama dengan seniman mural, video promosi yang melibatkan selebriti Indonesia, perusahaan perhotelan, platform perjalanan, dan perusahaan yang berada di industri hospitality dan tourismen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectSingapoReimagineen_US
dc.subjectSingapore Tourismen_US
dc.subjectIndonesian Touristen_US
dc.subjectCovid-19en_US
dc.titleUpaya Singapura dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Indonesia Melalui Inisiatif SingapoReimagineen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Hubungan InternasionalIen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Drs. Abubakar Eby Hara, M.A., Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Muhammad Iqbal, S.Sos., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorrevaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record