• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Singapura dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Indonesia Melalui Inisiatif SingapoReimagine

    Thumbnail
    View/Open
    Sheila Resita 200910101014_Skripsi Repository.pdf (2.252Mb)
    Date
    2025-01-21
    Author
    RESITA, Sheila
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sektor pariwisata merupakan salah satu kontributor utama dalam pertumbuhan ekonomi Singapura. Sebagai destinasi wisata unggulan di Asia Tenggara, Singapura berada pada posisi pertama dalam indeks daya saing perjalanan dan pariwisata di Asia Tenggara pada tahun 2019. Pada tahun yang sama, sektor pariwisata Singapura menunjukkan kinerja positif dengan meningkatnya jumlah kunjungan yang mencapai 19,1 juta wisatawan. Namun, pandemi Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 berdampak signifikan terhadap penurunan jumlah kunjungan wisatawan sebesar 85,7 persen. Untuk mengatasi permasalahan ini, Singapore Tourism Board (STB) meluncurkan inisiatif SingapoReimagine guna memulihkan sektor pariwisata serta pemulihan arus wisatawan dengan menawarkan pengalaman wisata yang aman dan juga inovatif Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai upaya Singapura dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Indonesia melalui inisiatif SingapoReimagine. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Studi literatur menjadi instrumen utama yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dan analisis dari berbagai sumber yang relevan, seperti buku, artikel ilmiah, laporan pemerintah, dan publikasi dari lembaga terkait. Sumber-sumber ini berfungsi untuk memberikan informasi tambahan dan membantu peneliti untuk memperoleh perspektif yang lebih luas mengenai topik yang sedang dikaji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya Singapura dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Indonesia tidak hanya difokuskan pada pemulihan jumlah kunjungan wisatawan, tetapi juga pada menciptakan standar baru yang memprioritaskan keamanan dan kenyamanan wisatawan. Sebagai branding baru Singapura, inisiatif SingapoReimagine memiliki daya tarik berbeda dengan kampanye pariwisata sebelumnya dan menjadikannya lebih relevan di tengah pandemi Covid-19. Dengan menekankan penerapan protokol kesehatan yang ketat, turut berperan dalam membangun kepercayaan wisatawan. Selain itu, Singapura juga berupaya memperluas jangkauan promosi melalui kerja sama dengan seniman mural, video promosi yang melibatkan selebriti Indonesia, perusahaan perhotelan, platform perjalanan, dan perusahaan yang berada di industri hospitality dan tourism
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127265
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5691]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository