dc.contributor.author | FADHILAH, Shofia Nur | |
dc.date.accessioned | 2025-07-07T06:46:59Z | |
dc.date.available | 2025-07-07T06:46:59Z | |
dc.date.issued | 2024-12-19 | |
dc.identifier.nim | 201710301066 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127213 | |
dc.description.abstract | Daun kelor merupakan tanaman yang memiliki banyak kandungan gizi yang
tinggi dan potensi besar sebagai bahan pangan fungsional, salah satunya yaitu dapat
diolah menjadi teh celup. UMKM Indra Jaya merupakan salah satu produsen teh
celup daun kelor di Sidoarjo, namun produk ini perlu ditingkatkan kualitasnya
untuk bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk teh celup daun kelor agar dapat
memenuhi kebutuhan konsumen dan meningkatkan daya saing produk.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quality Function
Deployment (QFD), yang digunakan untuk menerjemahkan kebutuhan konsumen
atau Voice of Customer (VoC) menjadi respon teknis yang mendukung
pengembangan produk yang lebih baik. Penelitian dimulai dengan mengidentifikasi
permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Indra Jaya, yaitu kurangnya kualitas rasa,
aroma, dan harga pada produk teh celup daun kelor yang mengurangi daya saing di
pasar. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen teh
celup daun kelor untuk mengetahui atribut produk yang dianggap penting dan yang
perlu diperbaiki. Atribut yang diidentifikasi antara lain rasa, warna, aroma, berat
bersih, kemasan, dan harga. Penerapan QFD pada penelitian ini menggunakan
matriks House of Quality (HoQ) untuk menghubungkan kebutuhan konsumen
dengan respon teknis. QFD dilakukan dalam empat fase, dimulai dengan
perencanaan produk, perencanaan desain, perencanaan proses, hingga perencanaan
produksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut-atribut yang paling penting bagi
konsumen dalam memilih produk teh celup daun kelor adalah rasa, aroma, warna,
berat bersih, kemasan, dan harga. Atribut rasa, aroma dan harga memiliki pengaruh terbesar terhadap kepuasan konsumen, sehingga perlu dilakukan perbaikan dalam
hal ini untuk meningkatkan daya saing produk. Atribut lainnya seperti warna, berat
bersih, dan kemasan juga dianggap sangat penting dalam perbaikan produk.
Berdasarkan analisis QFD, beberapa masalah kualitas yang ditemukan adalah rasa
teh yang terlalu pahit, aroma yang kurang khas, dan harga yang ditawarkan terlalu
tinggi.
Rekomendasi untuk perbaikan manajemen kualitas dari aspek produk
meliputi pengendalian kualitas dengan menerapkan SOP sesuai standar untuk
menjaga konsistensi kualitas produk, pelatihan karyawan dan evaluasi hasil kinerja
secara berkala agar karyawan dapat memahami dan melakukan proses produksi
sesuai standar, pemilihan kualitas daun kelor yang berwarna hijau tua dan segar
untuk menjaga kualitas gizi yang terkandung, penentuan lokasi pemasok yang dekat
dapat mengurangi biaya perjalanan ke tempat produksi, serta pengadaan dan
pemeliharaan alat produksi secara berkala untuk meningkatkan kapasitas produksi,
serta mengurangi waktu dan biaya produksi. Sementara itu, rekomendasi perbaikan
dari aspek layanan adalah memberikan diskon yang bervariasi dan
mempromosikannya melalui media sosial untuk menjangkau konsumen yang lebih
luas, serta melakukan penjualan produk melalui platform e-commerce. Penerapan
metode QFD di UMKM Indra Jaya diharapkan dapat memperbaiki manajemen
kualitas produk teh celup daun kelor, serta meningkatkan kepuasan dan loyalitas
konsumen. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Dr. Nita Kuswardhani, S.TP.,M.Eng., IPM.
. Pembimbing Anggota Bertung Suryadharma, S.ST., M.Kom. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Teknologi Pertanian | en_US |
dc.subject | Quality Function Deployment (QFD) | en_US |
dc.subject | Teh Celup Daun Kelor | en_US |
dc.subject | Kualitas Produk | en_US |
dc.title | Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) dalam Manajemen Kualitas Produk Teh Celup Daun Kelor (Studi Kasus di UMKM Indra Jaya Sidoarjo) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Program Studi Teknologi Industri Pertanian | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Nita Kuswardhani, S.TP., M.Eng., IPM | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Bertung Suryadharma, S.ST., M.Kom. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 11 Februari,2025 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2025_07_tanggal 07 | en_US |