Show simple item record

dc.contributor.authorPANGESTU, Candrayani Karunia Putri
dc.date.accessioned2025-07-07T06:12:01Z
dc.date.available2025-07-07T06:12:01Z
dc.date.issued2025-01-31
dc.identifier.nim210210204020en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127196
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 7 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS materi fotosintesis. Secara klasikal, rata-rata hasil belajar yang diperoleh masih di bawah rata-rata dengan skor 15 yang termasuk dalam kriteria sangat kurang baik. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa persentase hasil belajar peserta didik tuntas sebesar 4% dan peserta didik tidak tuntas sebesar 96%. SDN Jatisari 03 sudah menerapkan kurikulum merdeka dengan model pembelajaran yang sering digunakan yakni PBL, PjBL, dan diskusi kelompok kecil dengan metode ceramah. Namun, proses pembelajaran tersebut belum sepenuhnya memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik. Setiap peserta didik menunjukkan respons yang beragam saat menerima pembelajaran dari guru. Terdapat peserta didik yang fokus mendengarkan, beberapa hanya memperhatikan aktivitas guru, sementara lainnya tidak berkonsentrasi pada saat pembelajaran. Sikap dan perilaku yang beragam ini membuat suasana kelas kurang kondusif sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SDN Jatisari 03 pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 dengan subjek penelitian yaitu kelas IV A sebanyak 28 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Metode pengumpulan data hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes akhir siklus. Adapun teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus hasil belajar individual dan hasil belajar klasikal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar dapat meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SDN Jatisari 03 materi fotosintesis. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai hasil belajar peserta didik di setiap siklus yang meningkat secara signifikan. Sebelum dilakukan tindakan, pada tahap pra siklus nilai rata-rata hasil belajar peserta didik secara klasikal yaitu 15 dengan kriteria sangat kurang baik, lalu pada siklus I meningkat menjadi 52 dengan kriteria cukup baik, dan pada siklus II kembali meningkat menjadi 72 dengan kriteria baik. Sehingga dapat diketahui bahwa ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan, yaitu pada tahap prasiklus persentase ketuntasan awalnya hanya 4%, kemudian pada siklus I menjadi 32% dan pada siklus II mencapai 82%.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Agustiningsih, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Naomi Dias Laksita Dewi, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPembelajaran Berdiferensiasien_US
dc.subjectGaya Belajaren_US
dc.subjectHasil Belajar IPAS Materi Fotosintesisen_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Gaya Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Fotosintesis Peserta Didik Kelas IV SDN Jatisari 03en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Naomi Dias Laksita Dewi, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 7 Februari,2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record