• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Gaya Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Fotosintesis Peserta Didik Kelas IV SDN Jatisari 03

    Thumbnail
    View/Open
    Candrayani Karunia Putri Pangestu_210210204020 (7.044Mb)
    Date
    2025-01-31
    Author
    PANGESTU, Candrayani Karunia Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS materi fotosintesis. Secara klasikal, rata-rata hasil belajar yang diperoleh masih di bawah rata-rata dengan skor 15 yang termasuk dalam kriteria sangat kurang baik. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa persentase hasil belajar peserta didik tuntas sebesar 4% dan peserta didik tidak tuntas sebesar 96%. SDN Jatisari 03 sudah menerapkan kurikulum merdeka dengan model pembelajaran yang sering digunakan yakni PBL, PjBL, dan diskusi kelompok kecil dengan metode ceramah. Namun, proses pembelajaran tersebut belum sepenuhnya memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik. Setiap peserta didik menunjukkan respons yang beragam saat menerima pembelajaran dari guru. Terdapat peserta didik yang fokus mendengarkan, beberapa hanya memperhatikan aktivitas guru, sementara lainnya tidak berkonsentrasi pada saat pembelajaran. Sikap dan perilaku yang beragam ini membuat suasana kelas kurang kondusif sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SDN Jatisari 03 pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 dengan subjek penelitian yaitu kelas IV A sebanyak 28 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Metode pengumpulan data hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes akhir siklus. Adapun teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus hasil belajar individual dan hasil belajar klasikal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar dapat meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SDN Jatisari 03 materi fotosintesis. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai hasil belajar peserta didik di setiap siklus yang meningkat secara signifikan. Sebelum dilakukan tindakan, pada tahap pra siklus nilai rata-rata hasil belajar peserta didik secara klasikal yaitu 15 dengan kriteria sangat kurang baik, lalu pada siklus I meningkat menjadi 52 dengan kriteria cukup baik, dan pada siklus II kembali meningkat menjadi 72 dengan kriteria baik. Sehingga dapat diketahui bahwa ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan, yaitu pada tahap prasiklus persentase ketuntasan awalnya hanya 4%, kemudian pada siklus I menjadi 32% dan pada siklus II mencapai 82%.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127196
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15463]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository