Show simple item record

dc.contributor.authorMU’ALLIMAH, Isyarotul
dc.date.accessioned2025-07-04T01:46:55Z
dc.date.available2025-07-04T01:46:55Z
dc.date.issued2025-01-16
dc.identifier.nim220220204006en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127073
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 4 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPendidikan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dalam membentuk kesadaran dan partisipasi warga negara. Namun, pembelajaran PPKn seringkali dianggap kurang menarik dan tidak interaktif sehingga siswa merasa bosan dan tidak termotivasi untuk memahami materi. Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dalam pembelajaran PPKn karena memungkinkan siswa untuk menganalisis informasi, mengevaluasi, dan mengambil keputusan yang tepat. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SDN Citrodiwangsan 02 masih belum optimal karena pembelajaran yang dilakukan belum efektif. Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan teknologi merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Model Pembelajaran Problem Based Learning menekankan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, khususnya dalam konteks pemecahan masalah. Quizizz Paper Mode adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan interaksi dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Dengan menggunakan aplikasi ini, siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah menguji apakah ada pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Quizizz Paper Mode terhadap berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VI sekolah dasar pada pembelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model Problem Based Learning Berbantuan Quizizz Paper Mode terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada Pembelajaran PPKn Di SDN Citrodiwangsan 02 Lumajang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Citrodiwangsan 02 Lumajang yang berjumlah 78 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas dengan menggunkan aplikasi statistik SPSS versi 26 pada siswa kelas VIA,VIB, dan VIC. Kemudian, diambil sampel 2 kelas yang paling homogen dengan teknik cluster random sampling (undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol). Pada penelitian ini dua kelas yang dipilih secara random yaitu kelas eksperimen (VIC) dan kelas kontrol (VIA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model Problem Based Learning Berbantuan Quizizz Paper Mode berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa kelas VI sekolah dasar pada pembelajaran PPKn. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis One Way Anova di mana nilai signifikansi 0,014 < 0,05 dan Ftabel sebesar 4,03 < 6,464. Apabila dilihat dari nilai rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 88,53 dan kelas kontrol 82,23. (2) Model Problem Based Learning Berbantuan Quizizz Paper Mode berpengaruh terhadap terhadap hasil belajar siswa kelas VI sekolah dasar pada pembelajaran PPKn. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis One Way Anova di mana nilai signifikansi adalah sebesar 0,002 < 0,05 dan Ftabel sebesar 4,03 < 10,480. Apabila dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar PPKn siswa kelas eksperimen 85 dan kelas kontrol 75,76. Kesimpulan berdasarkan penelitian yang dilaksanakan yaitu model Problem Based Learning berbantuan Quizizz Paper Mode di SDN Citrodiwangsan 02 Lumajang dapat meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VI pada pembelajaran PPKn. Dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan Quizizz Paper Mode kemampuan berpikir kritis siswa dapat berkembang karena siswa aktif bertanya, mencari informasi, dan menemukan solusi dari permasalahan yang disajikan. Selain itu, model Problem Based Learning berbantuan Quizizz Paper Mode dapat memotivasi siswa untuk belajar dan membantu mengingat konsep lebih lama sehingga hasil belajar siswa meningkat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectQuizizz Paper Modeen_US
dc.subjectPembelajaran PPKnen_US
dc.titlePengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz Paper Mode Terhadap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar pada Pembelajaran PPKnen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMAGISTER PENDIDIKAN DASARen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Mohamad Na’im M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Muhammad Irfan Hilmi, M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorrevaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record