dc.contributor.author | HIDAYAT, Nabila Putri | |
dc.date.accessioned | 2025-07-01T01:42:26Z | |
dc.date.available | 2025-07-01T01:42:26Z | |
dc.date.issued | 2024-11-18 | |
dc.identifier.nim | 200910201151 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126874 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 30 Juni 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Berawal dari potensi wisata yang menjadi sumber perekonomian utama
masyarakat, menjadikan Kabupaten Situbondo sebagai target investor untuk
mendirikan usaha maupun industri sesuai yang telah tercatat dalam laporan.
Bardasarkan data tersebut, terjadi peningkatan jumlah permintaan layanan
perizinan yang berfungsi untuk memastikan setiap orang atau perusahaan yang
akan membangun suatu usaha atau bangunan tidak menyalahi aturan dan
berdampak negatif pada lingkungan. Perizinan tersebut diharapkan dapat
dikelola secara optimal dan profesional untuk kemajuan dan keberlangsungan
lingkungan hidup di kabupaten situbondo. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana kualitas pelayanan dokumen yang diterapkan oleh Dinas
Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo dalam memenuhi kepuasan pengguna
layanan.
Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang
bersifat asosiatif untuk memahami fenomena melalui serangkaian proses yang
sistematis dan terstruktur untuk kemudian menguji hipotesis yang telah
dibangun. Populasi Penelitian ini adalah pengguna jasa layanan dokumen izin
lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo tahun 2023 dengan
jumlah 50 perusahaan pengguna layanan. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Proposional Random
Sampling yaitu dengan mengambil sampel dari anggota populasi secara acak.
Sampel diambil menggunakan Rumus Slovin dari 50 perusahaan akan diambil
acak sebanyak 44 perusahaan saja. Hasil penelitian berdasarkan Uji Korelasi
Rank Spearman menyatakan terdapat pengaruh “sangat kuat” antara kualitas
pelayanan dokumen izin lingkungan terhadap kepuasan pengguna layanan di
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo dan Uji Signifikansi (Uji t)
terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dokumen izin
lingkungan terhadap kepuasan pengguna layanan di Dinas Lingkungan Hidup
Kabupaten Situbondo. Jadi, semakin tinggi kualitas pelayanan dokumen izin
lingkungan yang diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo
maka kepuasan pengguna layanan juga akan semakin tinggi. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Tree Setiawan Pamungkas S.A.P., M.P.A
DPA: Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Si | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | en_US |
dc.subject | Pelayanan Publik | en_US |
dc.subject | Kualitas Pelayanan | en_US |
dc.subject | Kepuasan Pengguna Layanan | en_US |
dc.title | Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Perizinan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Administrasi Negara | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Tree Setiawan Pamungkas S.A.P., M.P.A | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Si | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Juni 2025 | en_US |