Show simple item record

dc.contributor.authorHIDAYAT, Nabila Putri
dc.date.accessioned2025-07-01T01:42:26Z
dc.date.available2025-07-01T01:42:26Z
dc.date.issued2024-11-18
dc.identifier.nim200910201151en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126874
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 30 Juni 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractBerawal dari potensi wisata yang menjadi sumber perekonomian utama masyarakat, menjadikan Kabupaten Situbondo sebagai target investor untuk mendirikan usaha maupun industri sesuai yang telah tercatat dalam laporan. Bardasarkan data tersebut, terjadi peningkatan jumlah permintaan layanan perizinan yang berfungsi untuk memastikan setiap orang atau perusahaan yang akan membangun suatu usaha atau bangunan tidak menyalahi aturan dan berdampak negatif pada lingkungan. Perizinan tersebut diharapkan dapat dikelola secara optimal dan profesional untuk kemajuan dan keberlangsungan lingkungan hidup di kabupaten situbondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan dokumen yang diterapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo dalam memenuhi kepuasan pengguna layanan. Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat asosiatif untuk memahami fenomena melalui serangkaian proses yang sistematis dan terstruktur untuk kemudian menguji hipotesis yang telah dibangun. Populasi Penelitian ini adalah pengguna jasa layanan dokumen izin lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo tahun 2023 dengan jumlah 50 perusahaan pengguna layanan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Proposional Random Sampling yaitu dengan mengambil sampel dari anggota populasi secara acak. Sampel diambil menggunakan Rumus Slovin dari 50 perusahaan akan diambil acak sebanyak 44 perusahaan saja. Hasil penelitian berdasarkan Uji Korelasi Rank Spearman menyatakan terdapat pengaruh “sangat kuat” antara kualitas pelayanan dokumen izin lingkungan terhadap kepuasan pengguna layanan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo dan Uji Signifikansi (Uji t) terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dokumen izin lingkungan terhadap kepuasan pengguna layanan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo. Jadi, semakin tinggi kualitas pelayanan dokumen izin lingkungan yang diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo maka kepuasan pengguna layanan juga akan semakin tinggi.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Tree Setiawan Pamungkas S.A.P., M.P.A DPA: Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectPelayanan Publiken_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.subjectKepuasan Pengguna Layananen_US
dc.titlePengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Perizinan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiAdministrasi Negaraen_US
dc.identifier.pembimbing1Tree Setiawan Pamungkas S.A.P., M.P.Aen_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Sien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Juni 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record