• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Perizinan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo

    Thumbnail
    View/Open
    200910201151 Nabila Putri Hidayat UNEJ.pdf (939.8Kb)
    Date
    2024-11-18
    Author
    HIDAYAT, Nabila Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berawal dari potensi wisata yang menjadi sumber perekonomian utama masyarakat, menjadikan Kabupaten Situbondo sebagai target investor untuk mendirikan usaha maupun industri sesuai yang telah tercatat dalam laporan. Bardasarkan data tersebut, terjadi peningkatan jumlah permintaan layanan perizinan yang berfungsi untuk memastikan setiap orang atau perusahaan yang akan membangun suatu usaha atau bangunan tidak menyalahi aturan dan berdampak negatif pada lingkungan. Perizinan tersebut diharapkan dapat dikelola secara optimal dan profesional untuk kemajuan dan keberlangsungan lingkungan hidup di kabupaten situbondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan dokumen yang diterapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo dalam memenuhi kepuasan pengguna layanan. Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat asosiatif untuk memahami fenomena melalui serangkaian proses yang sistematis dan terstruktur untuk kemudian menguji hipotesis yang telah dibangun. Populasi Penelitian ini adalah pengguna jasa layanan dokumen izin lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo tahun 2023 dengan jumlah 50 perusahaan pengguna layanan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Proposional Random Sampling yaitu dengan mengambil sampel dari anggota populasi secara acak. Sampel diambil menggunakan Rumus Slovin dari 50 perusahaan akan diambil acak sebanyak 44 perusahaan saja. Hasil penelitian berdasarkan Uji Korelasi Rank Spearman menyatakan terdapat pengaruh “sangat kuat” antara kualitas pelayanan dokumen izin lingkungan terhadap kepuasan pengguna layanan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo dan Uji Signifikansi (Uji t) terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dokumen izin lingkungan terhadap kepuasan pengguna layanan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo. Jadi, semakin tinggi kualitas pelayanan dokumen izin lingkungan yang diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo maka kepuasan pengguna layanan juga akan semakin tinggi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126874
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5702]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository