dc.contributor.author | SEFINA, Amelia Syarifa | |
dc.date.accessioned | 2025-07-01T01:35:38Z | |
dc.date.available | 2025-07-01T01:35:38Z | |
dc.date.issued | 2024-12-30 | |
dc.identifier.nim | 200210204146 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126873 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 30 Juni 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik dalam pembelajaran matematika terhadap literasi matematika siswa kelas I SDN Jember Kidul 04 Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pola pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji t, dan efektivitas relatif. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik dalam pembelajaran matematika terhadap literasi matematika siswa kelas I SDN Jember Kidul 04 Kabupaten Jember. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan ER yaitu 41,84% yang termasuk dalam kategori sedang. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Dr. Arika Indah Kristiana, S.Si., M.Pd
DPA: Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Matematika | en_US |
dc.subject | Realistic Mathematics Education | en_US |
dc.subject | Literasi Matematika | en_US |
dc.title | Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education pada Pembelajaran Matematika Terhadap Literasi Matematika Siswa Kelas I di SDN Jember Kidul 04 Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Arika Indah Kristiana, S.Si., M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si | en_US |
dc.identifier.validator | reva | en_US |